4 Cara Memperbaiki LCD HP Rusak

4 Cara Memperbaiki LCD HP Rusak


Liquid Crystal Display atau sering dikenal dengan sebuatan LCD adalah salah satu sparepart utama yang bisa kita lihat pada semua Smartphone. LCD berfungsi sebagai penampil gambar ketika system operasi pada ponsel di hidupkan. Bentuk LCD yang tipis dan bahannya terbuat dari kaca membuat Part ini rawan rusak.

Meskipun di iklan ada Smartphone dari brand tertentu yang katanya tahan banting, tahan panas maupun tahan air, namun bukan berarti LCD-nya tidak bisa rusak. Bahkan ada juga pada fisik LCD baik-baik saja, namun layar blank/gelap. Nah, pada kali ini akan membagikan macam-macam kerusakan LCD yang seringkali terjadi pada Smartphone.


Memperbaiki LCD HP Rusak

Kita bagi kersukan LCD HP menjadi dua macam yaitu mulai kerusakan paling ringan hingga terparah. Memperbaiki LCD yang ringan bisa diperbaiki tanpa harus mengganti layar LCD dengan yang baru, dan kalau rusaknya bisa dilihat secara fisik seperti HP habis jatuh atau terjebur ke-air, dan menyebabkan layar pecah, blackscreen, bernoda, dan lainnya, maka solusi akhirnya yaitu dengan mengganti layar LCD baru., Berikut adalah jenis kerusakan layar LCD HP dan cara memperbaikinya :


1. LCD Retak

Kekuatan kaca lcd bisa bertahan lama apabila pengguna itu sendiri memberikan pelindung seperti menempelkan Tempered Glass(TG). Namun TG hanya bisa melindungi lcd 10% saja. Kaca lcd retak berbentuk goresan mulai dari halus hingga kasar. Goresan halus bisa dirasakan ketika kita mengelus dan goresan kasar akan terlihat jelas. Lcd yang retak bisa tampil normal meskipun retaknya cukup parah. Hal itu karena jalurnya masih tersambung. Tapi ada juga yang goresan retaknya tipis tapi lcd gelap tidak keluar cahaya.

Lcd smartphone retak tidak bisa diperbaiki. Selama smartphone masih normal kamu tidak perlu menggantinya. Retaknya lcd bisa seringkali disebakan smartphone jatuh, tertekan ketika tidur dan disaku celana levis yang ketat.


2. LCD Tidak Tampil Gambar

Gambar pada lcd smartphone tidak tampil atau sering disebut Blank merupakan kerusakan yang sering terjadi. Hal ini bisa disebabkan karena lcd-nya yang sudah rusak atau bisa jadi karena software. Kerusakan Software yang menyebabkan LCD No Display yakni di sebabkan karena salah flashing atau karena memakai Custom ROM.

Kerusakan pada software bisa diatasi dengan cara flashing ulang dengan PC atau Menginstal ulang Sistem Operasi(OS). Namun bila masih tetap saja, solusinya yaitu harus mengganti lcd baru. Tetapi bisa kamu coba dulu dengan mengecek jalur Lcd dengan membaca skema. Cek jalur seperti arus lampu dan jalur tegangan yang berhubungan dengan lcd lainnya.

Baca Juga : 9 Macam Tools Flashing Android


3. LCD Bernoda (Tompel)

Masalah Black Spot / White Spot di Lcd smartphone. Disebut noda bercak atau bertompel hitam adalah kerusakan yang masih sering terjadi pada smartphone. Biasanya titik hitam seperti tompel itu disebabkan karena layar tertekan. Selain itu pula, adanya tompel hitam pada lcd bisa disebabkan karena faktor panas. Faktor panas yang umumnya karena IC pada smartphone merusak warna lcd dan membuatnya jadi titik hitam. Selain dari panas berlebihan(overheat), smartphone kemasukan air juga faktor penyebabnya.

Untuk memperbaikinya yaitu dengan cara membongkar Smartphone. Membuka kaca Lcd, menggosok noda hitam dengan kapas dengan lembut. Jika tidak ada perubahan coba buka kesingnya, terus raba IC yang berhadapan langsung dengan tompel lcd. Apabila normal-normal saja, coba keringkan lcd dengan blower uap atau menjemur smartphone apabila sebelumnya pernah kemasukan air.


4. LCD Bergaris

Layar bergaris pada umumnya terjadi pada lcd tipe Amoled. Fisik pada kaca layar lcd smartphone terlihat baik-baik saja, tidak ada goresan bahkan retakan. Namun masalahnya tampilan pada lcd tersebut bergaris-garis, Apa penyabnya?.

Keruskan pada lcd jenis ini bukan satu atau dua kali, namun sering terjadi. Keluar garis atau brightness disebabkan karena dua hal yakni software dan hardware-nya. Untuk mengetahuinya, langkah pertamanya yaitu dengan cara flashing ulang. kedua, dengan cara mengganti lcd, dan terikhir bila tetap sama, vonis umumnya di sebabkan karena kerusakan EMMC atau CPU.

Baca Juga : Apa Fungsi IC eMMC dan eMCP HP Android?


Penutup

Itulah sedikit informasi macam kerusakan LCD yang seringkali terjadi pada Smartphone Android maupun IOS.

Ringkasnya, LCD HP yang rusak fisik yang menyebabkan lcd black screen, retak, pecah, gelap, tidak bisa diperbaiki dengan metode apapun, kamu perlu menggantinya dengan lcd yang baru.

Ulasan diatas bisa anda tambahkan dengan memberikan komentar dibawah, Trimakasih.

0 Komentar