Apa Fungsi IC eMMC dan eMCP HP Android?

Embedded Multi-Media Controller atau di singkat dengan sebutan eMMC adalah salah satu IC penting yang berpengaruh terhadap kinerja smartphone, kamera, gps dan laptop. Fungsi utama dari eMMC yaitu modul pengontrol sekaligus media penyimpanan internal dengan kecepatan tinggi hingga 400mbps. Memang bisa dibilang fungsinya hampir mirip dengan SSD yang ada di laptop.

Apa Fungsi IC eMMC dan eMCP HP Android?

Awalnya kita dulu tahunya hanya MMC (Multi Media Card) yang berfungsi sebagai media penyimpanan eksternal pada HP jadul, sebut saja nokia symbian. Namun sekarang MMC kini berevolusi ke Smartphone dengan tambahan huruf "e" = embedded = eMMC yang menggunakan NAND Flash Memory.


Perbedaan eMMC Dan RAM

Ada beberapa pertanyaan yang sering muncul, Apakah eMMC itu juga termasuk RAM (Random Acces Memmory ?, dan bisakah kapasitas RAM pada smartphone bisa diupgrade atau ditambahkan?, misalnya dari 4gb ke 8gb atau mungkin 8gb-16gb.

NGGAAKK bisa!. Kenapa?, karena eMMC cuma sebagai penyimpanan internal yang termasuk file sistem operasi dan juga file user data seperti foto, video dan lainnya. Namun jika penyimpanan internalnya di tambahkan, tentu saja bisa, tapi bukan RAMnya lho ya!. Disini saya akan membahas tentang eMMC secara detail. Ada suatu perbedaan lagi yakni antara eMMC dan eMCP.


Perbedaan eMMC dan eMCP

eMCP ini adalah singkatan dari embedded Multi-Chip Package. Melihat namanya saja tentu kita tahu bahwa ada penyimpanan RAM khusus tertentu yang di tanamkan pada perangkat smartphone yakni pada Ic eMCP. Ic eMCP sendiri merupakan komponen dari gabungan antara eMMC dan RAM yang telah di packing menjadi satu.

RAM yang fungsi utamanya sebagai media penyimpanan sementara, seperti file cache yang di butuhan sebelum dieksekusi oleh CPU (Central Procesing Unit). Kedua komponen itu merupakan dua komponen yang berbeda tempat dan tidak menyatu.

Pada khasus pengguna smartphone Android yang tidak bisa mengupgrade kapasitas RAM, sebab vendor itu sendiri tidak menyediakan part/suku cadang dengan kapasitas yang berbeda dangan seri produk yang di buatnya.

Ada beberapa seri android yang bisa melakukan upgrade RAM secara mandiri. Pada device kedua ini juga sama memiliki eMMC dan RAM. Hanya saja terjadi pada smartphone keluaran terbaru yang telah menggabungkan eMMC dan RAM menjadi satu komponen, yakni menggatinya dengan Ic eMCP.

Pada intinya, Dari ulasan diatas bahwa tidak semua smartphone dapat melakukan upgrade RAM. Namun memang ada beberapa seri smartphone yang RAMnya dapat di upgrade dengan syarat yakni smartphone tersebut sudah dibekali teknologi eMCP.

Bentuk dari eMMC dan eMCP yang kecil seperti chip menamcap pada motherboard membuatnya tidak bisa di lepas-pasang. eMMC pada smartphone bisa dilepas dan di upgrade ulang, namun memerlukan alat khusus yakni blower uap dan plat bga.


Jenis eMMC dan eMCP

Jenis eMMC smartphone sendiri juga banyak variannya. Berikut adalah jenis eMMC pada Smartphone Android bermerek ternama seperti Samsung, Vivo, Oppo, Xiaomi, Realme yang paling umum dipakai yaitu jenis eMCP/eMMC BGA 186, 221, 162, 169 dan 153.

Itulah penjelasan tentang eMMC, eMMCP dan RAM. diantara ketiga komponen tersebut, semua merupakan komponen penting pada kinerja atau performa suatu perangkat dari Android, iOS, PC dan lainnya. Berikan kritik dan saran jika ada kekerungan atau kekeliruan yang saya tulis diatas, mari belajar tentang teknologi masa kini, trimakasih.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

20 Daftar Alat Servis Hp, Fungsi Dan Harganya

Cara Mengatasi HP Tidak Bisa Dicas

6 Jenis CPU Pada HP Android