Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

20 Daftar Alat Servis HP, Fungsi Dan Harganya

20 Daftar Alat Servis HP, Fungsi Dan Harganya

Setiap tahunnya ada jutaan Handphone yang laku terjual. Hp merupakan salah satu kebutuhan pokok semua orang. Setiap hari dan setiap jam Handphone terus dipakai dan mungkin saja bisa rusak kapan saja, karena itu juga termasuk alat eletronik.

Apabila Handphone yang kita pakai rusak, maka yang perlu kita lakukan yaitu dengan memperbaikinya atau membuangnya dan beli yang baru, Tapi bagaimana jika kita tidak bisa memperbaiki Hand sendiri?.

Jawabannya sudah pasti jelas kita memerlukan jasa perbaikan kepada ahlinya. Untuk memperbaiki masalah Hp sendiri, maka diperlukan skill khusus dibidangnya.

Selain keahlian, alat dan bahan servispun juga berperan penting untuk pendukung utama sekaligus memperingan kerja seorang teknisi dalam memperbaiki Handphone.

Macam Daftar Alat Perbaikan Handphone

Nah, bagi kita yang pengen belajar memperbaiki Hp sendiri, maka kenali dulu alat-alat servis yang wajib Anda miliki pada daftar dibawah ini:

1. Obeng

Ini adalah alat penting yang wajib dimiliki oleh semua teknisi untuk mengencangkan dan melepaskan baut yang tertancap dibagian penutup luar. Tujuan memakai obeng ini untuk mempermudah dalam membongkar dan memasang kesing bagian luar agar bisa mengambil board PCB Hp yang ingin diperbaiki.

2. Multitester

Ini adalah alat pengukur listrik all-in-one yang sering dikenal dengan sebutan AVO(Ampere-Volt-Ohm). Multitester atau multimeter ini dapat mengukur tegangan (voltmeter), hambatan (ohm-meter), maupun arus (amperemeter). Alat ini sebagai mata indera teknisi. Selain itu juga berfungsi sebagai alat analisa awal untuk mencari kerusakan Hp.

3. Solder

Ini merupakan alat perkakas yang berfungsi untuk keperluan dalam merakit atau membongkar rangkaian elektronika yang terletak pada board PCB. Solder mengubah energi listrik menjadi energi panas yang mampu melelehkan timah padat untuk melepas dan melekatkan kembali. Pada umumya, solder yang sering dipakai untuk keperluan servis Hp yakni 30~60watt.

4. Timah Kawat

Ini bisa disebut timah solder dari jenis "Timah" yang terbuat dari campuran bahan perak dan timah. Timah solder untuk keperluan mematri komponen elektronika yang bisa dikenal dengan sebutan "Alloy". Fungsi timah ini, untuk menghubungkan antara jalur komponen kekomponen satunya.

5. Timah Pasta

Ini fungsinya sama persis dengan timah kawat, namun berbeda dalam bentuknya. Timah pasta adalah timah dalam bentuk pasta atau cairan yang dibuat khusus untuk mempermudah dalam mencetak ulang IC. Timah ini akan padat dengan mudah ketika dipanaskan dengan blower solder.

6. Dudukan PCB

Ini yang biasa dikenal dengan penjepit atau Holder PCB(B.inggris) adalah alat bantu servis untuk menjepit PCB HP yang akan dilakukan perbaikan agar bisa tenang, tidak goyang dan tidak bergeser kemana-mana.

7. Kawat Jumper

Kawat jumper umumnya berukuran 0.15mm, ini adalah tembaga kecil yang berfungsi untuk menhubungkan jalur yang putus. Kawat ini biasa disebut kawat email yang umumnya terdapat dalam lilitan dinamo. Kawat email dilapisi pernis sebagai induktor yang termasuk juga isolator, fungsinya tidak menghantar panas, jadi aman diletakan di atas board PCB.

8. Pinset

Secara umum, fungsi pinset sebagai alat bantu yang serba guna. Didalam teknisi, fungsi pinset sebagai penjepit benda yang berukuran kecil seperti komponen dan ic. Dari bentuknya saja, Anda bisa mengetahui bawha pinset ini memiliki dua bilah ujung, yang satu terhubung dan ujung satunya terpisah, sehingga bisa dipakai dan digerakan dengan bebas.

9. Flux

Alat pendukung satu ini dapat memudahkan kita dalam menyolder dan menghilangkan lapisan oksidasi sebelum benda akan disolder. Flux ini dapat membantu kita dalam melekatkan timah pada objek yang hendak disolder agar bisa sempurna dan terlihat rapi. Selain itu bisa dikatakan juga untuk menurunkan titik didih timah.

10. Plat BGA

Ini adalah alat teknisi yang fungsinya mencetak ulang IC cabutan atau bekas dengan cara memberikan sedikit flux dan timah pasta agar pin-pin bisa tertata rapi ketika ingin dipasang kembali ke board PCB HP. Selain itu, mencetak ulang IC dengan Plat BGA juga dapat menghindari kerusakan/short pada IC sebelum pemasangan dilakukan.

11. Cleaner Dan Tinner

Ini merupakan pembersih kotoran yang menempel di Hp. Selain itu cleaner juga berguna untuk membersihkan bekas flux yang mengering setelah selesai menyolder ataupun blower ic dan berbagai komponen lainnya pada PCB Hp. Cleaner ini bertujuan untuk memastikan bahwa komponen bersih dari bekas kotoran yang dapat menimbulkan short. Umumnya, cleaner yang paling bagus dan sering dipakai teknisi Hp yaitu memakai tinner A. 

12. Sikat Pembersih

Alat ini juga termasuk pendukung dari cleaner(alat nomor 5). Sikat ini dapat memasikmalkan dan memastikan PCB bersih dari kotoran dan debu. Untuk pengguaanya cukup mudah, yaitu dengan memberikan sedikit cleaner dan terus disikat secara perlahan. Sikat yang sering dipakai teknisi HP yaitu sikat gigi. Sikat gigi memiliki ganggang yang panjang dan juga cocok untuk membersihkan PCB dari berbagai jenis kotoran yang menempel.

13. Blower Solder Uap

Ini adalah alat yang mirip dengan solder namun berbeda fungsi dan penggunaannya. Blower uap berfungsi untuk memasang, mengangkat, mencetak, mensolder, memasang ulang komponen SMD (Surface Mount Devices) seperti resistor, kapasitor, diode, transistor, IC, dan lainnya. Blower uap juga dapat membantu dalam melepas LCD/Touchscreen. Penggunaan Blower uap cukup mudah yakni dengan mengatur suhu panas dan angin sebelum mengerjakannya.

14. MBR Penghancur Short

Ini bisa dikatakan pemberi arus secara paksa pada Hp. MBR adalah singkatan dari Micro Buck Regulator. Fungsinya sebagai penghancur short atau mencari titik komponen yang konslet pada mesin Hp. Aliran arus pada MBR umumya sekitar 1A sampai 4A, dan bisa lebih hingga 9 Ampare, tergantung kebutuhannya. MBR memiliki kesamaan dengan power supply, namun pada power supply dirancang untuk memberi arus listrik kurang-lebih 1A untuk menghidupkan Hp saja.

15. Power Supply

Alat ini dapat membantu teknisi dalam perbaikan troubelshooting Hp dengan cara menghubungkan kedua kutub +(merah) dan -(hitam). Perlu diketahui, Power supply mengubah arus AC menjadi DC. Selain itu, power supply berguna sebagai pengganti baterai atau sumber tegangan, pengganti charger baterai, sebagai alat kejut baterai, serta untuk melihat dan menganalisa komsumsi arus pada Hp. Jadi tak heran apabila setiap kasus masalah yang dialami Hp, bisa dengan mudah dianalisa dengan bantuan power supply.

Baca Juga : 6 Kelebihan Dan Kekurangan Baterai Tanam

16. Mikroskop Digital

Sama seperti mikroskop pada umumnya. mikroskop digital berfungsi untuk alat bantu teknisi dalam melihat objek kecil seperti komponen pada PCB Hp. Alat ini bisa dihubungkan ke PC dengan mudah, untuk mempermudah teknisi dalam perbaikan Hp seperti menyolder komponen, konektor, jumper, dan bongkar-pasang ic.

17. BOX Flasher

Ini adalah alat yang bisa mendeteksi dan memperbaiki kerusakan Hp di bagian software. Box Flasher secara umum fungsinya untuk mendaur ulang, menghapus dan mengisi file sistem pada eMMC/eMCP Hp secara keseluruhan, mulai dari boot loader hingga menjalankan OS(Operating Sistem). Selain itu, alat ini juga bisa digunakan untuk unlock, rooting, dan lain sebagainya. Box Flasher ada banyak jenisnya mulai dari yang terkenal yakni Ufi box, Miracle box, Octapus box, Z3x box dan semua alat itu memiliki keunggulan masing-masing.

Baca Juga : 9 Macam Tools Flashing Android

18. Mesin Separator

Ini merupakan alat bantu teknisi untuk melepas atau memisahkan LCD dan Touchscreen Hp yang dilem kuat. Alat ini seperti pemanas yang bisa melunakkan lem LCD dan juga mengurangi resiko pecah atau rusak pada LCD/Ts yang ingin dipasang kembali nantinya.

Baca Juga : 4 Cara Memperbaiki LCD HP Rusak

19. PC Atau Laptop

Untuk memperbaiki HP yang bootloop kita perlu memperbaikinya yaitu dengan cara Flashing ulang. Dan tentunya untuk melakukan Flashing ini diperluakan alat seperti PC/Laptop. PC banyak sekali kegunaannya dan bisa dikatakan alat yang sangat penting untuk keperluan dalam memperbaiki Hp.

20. Pendukung Lain

Sebagai tukang servis Hp, kita harus sigap dalam mengatasi semua permasalahan Hp, mulai dari kerusakan paling mudah hingga paling susah. Alat pendukang harus ada dan siap dalam membantu anda bekerja. Seperti yang saya sebutkan diatas alat khusus servis juga berperan penting, dan alat tambahan lainnya juga dapat menyusul seperti misalnya meja kursi, lampu, cutter, jarum, kabel, kaca pembesar, pencongkel LCD dan kesing dll.

Harga Alat Servis Hp

Nah, bagi Anda yang pemula dan ingin mengetahui biaya untuk membuka toko servis sendiri, berikut ini adalah rincian harga alat servis Hp secara keseluruhan yang dapat Anda beli dari marketplace mapun ditoko terdekat dibawah ini:

Rincian Harga
Obeng FullsetRp.40.000
Multitester DigitalRp.70.000
Solder Listrik 60WRp.80.000
Timah SolderRp.60.000
Timah PastaRp.30.000
Dudukan PCBRp.25.000
Kawat Jumper 0.1mmRp.8.000
PinsetRp.10.000
Flux BlowerRp.35.000
Plat BGARp.35.000
Thinner A 0,5LRp.15.000
Sikat GigiRp.3.000
Blower SolderRp.500.000
MBR PredatorRp.300.000
Power SupplyRp.200.000
Mikroskop DigitalRp.200.000
Box Flasher (UFI Box)Rp.3.000.000
Mesin Separator LCDRp.450.000
LaptopRp.2.000.000
Pendukung LainRp.50.000
Total HargaRp.6.911.000

Penutup

Itulah macam-macam alat teknisi untuk membantu dalam perbaikan HP. Sebenarnya masih banyak alat lain lagi yang belum saya sebutkan, namun sebagai pemula, sebaiknya kita membeli satu persatu secara perlahan untuk dapat mengumpulkan semua alat servis Hp secara lengkap.

Perkenalan alat servis Hp diatas mudah-mudahan bisa memberi anda sedikit rincian jika ingin belajar atau menekuni di dunia teknisi ponsel. Apabila daftar alat diatas belum lengkap, bisa anda lengkapi dengan memberikan komentar dibawah ini, terima kasih.

1 komentar untuk "20 Daftar Alat Servis HP, Fungsi Dan Harganya"

  1. maksih gan atas inponyah dan di kasih tau harga akat alat nyah mudah mudahan sya bisa perlahan menekuni dunia teknisi, dan bisa di peraktekin:)

    BalasHapus