6 Cara Memperbaiki Sinyal HP Android Hilang

Kali ini saya akan membahas permasalahan HP Android sinyal hilang, SIM tidak terdeteksi dan jaringan tidak muncul. Jaringan atau signal merupakan fitur penting yang pasti ada disetiap HP untuk memudahkan pengguna dalam melakukan komunikasi dan interaksi.

6 Cara Memperbaiki Sinyal HP Android Hilang

Jaringan atau sinyal bisa muncul karena smartphone menyediakan slot sim. Slot SIM tersebut adalah tempat untuk memasukkan kartu layanan provider yang sering kita kenal dengan sebutan kartu SIM.

Banyak faktor yang menyebabkan jaringan smartphone hilang atau tidak terdeteksi, biasanya karena kesalahan kartu SIM yang sudah rusak atau mati dan bisa karena kesalahan pengguna dalam setting smartphone. Namun ada faktor juga yang membuat signal jaringan pada Hp Android hilang atau tidak terdeteksi, faktor itu bisa disebabkan karena Sistem Software yang error ataupun bisa karena komponen Hardware smartphone yang bermasalah.


Macam Sinyal Jaringan Bermasalah

Signal jaringan bermasalah membuat pengguna merasa jengkel, masalahnya hilangnya jaringan membuat pengguna tidak bisa melakukan aktifitas seperti chating whatsaapp, browsing internet, nonton youtube, main game online dan lainnya, dan itu semua karena data seluler tidak tidak bisa dihidupkan. Nah, berikut macam-macam masalah sinyal jaringan SIM bermasalah yang umum terjadi di Smartphone Android :

  • Hanya panggilan darurat saja meskipun icon sinyal penuh,
  • Muncul notif masukkan SIM card meskipun kita sudah memasukkannya,
  • Sinyal jaringan cuma tanda silang pada statusbar,
  • Tidak bisa menghidupkan data internet,
  • Data internet sudah dihudupkan namun tidak muncul tanda 3G-H+ atau 4G,
  • Sinyal lemah padahal di Hp lain sinyal full atau normal,

Masalah sinyal jaringan seperti diatas susah-susah-gampang tergantung permasalahannya, karena setiap smartphone belum pasti sama. Dan berikut bisa kita simak sampai habis lanjutan cara mengatasi permasalahan sinyal Android dibawah ini.


Memperbaiki Sinyal Hilang Atau Tidak terdeteksi

Dalam memperbaiki masalah pada sinyal Android bisa kita atasi sendiri dengan catatan awal mula smartphone yang kita gunakan tidak kenapa-napa alias normal. Ada dua faktor yang membuat sinyal pada Hp hilang yakni karena kesalahan setting jaringan dan bisa karena software rusak, error, file sistem corupt atau hilang. Namun bukan sepenuhnya kerusakan itu disebabkan oleh software rusak atau salah pengaturan jaringan. Masalah jaringan yang membuat sinyal hilang atau tidak terdeteksi bisa juga disebabkan oleh Hardware atau komponen penting didalam yang berpengaruh terhadap jaringan smartphone yang kita gunakan.

Tetapi jangan kawatir, jika awalnya Hp kita baik-baik saja maka 90% hal itu disebabkan kesalahan dalam setting. Nah, berikut adalah langkah-langkah memperbaiki permasalahan sinyal jaringan hilang atau tidak terdeteksi :


1. Hp Atau Kartu SIM Tidak Support Jaringan 4G

Sering pengguna kebingungan kenapa di Hp saya saja yang jaringan internetnya lemah dan tidak bisa 4G atau keatasnya?. Ini karena Smartphone Android anda tidak support jaringan 4G. Bisa juga karena SIM anda belum kedaftar jaringan 4G. Biasanya SIM lama tidak support jaringan 4G, dan oleh karena itu anda harus membeli perdana baru yang support 4G atau jika masih sayang nomornya diperlukan Upgrade SIM 4G ke layanan Provider terdekat di kota anda seperti misalnya Galeri Indosat, atau Grapari untuk kartu telkomsel.


2. Setting Ulang APN

Apabila awalnya Hp normal, namun tiba-tiba mendadak sinyalnya hilang bisa karena kita salah dalam mengatur settingan APN. Setting Nama Akses Poin atau APN disetiap Operator Provider yang kita gunakan pasti berbeda-beda, misalnya contoh kita memkai kartu Indosat Oredoo maka APN-nya akan menuju ke layanan provider intenet Indosat. Coba dulu ubah pengaturan APN Indosat ke-default atau bisa juga mencari settingan APN Indosat terbaru di mbah google.


3. Area Sinyal Tidak Menjangkau

Hilangnya jaringan bisa disebakan karena area layanan provider SIM yang kita pakai tidak terjangkau oleh sinyal. Setiap provider pasti berbeda, ada yang sinyalnya full dan lemah dan itu semua tergantung tempat dan kartu SIM yang kita gunakan. Ada masalah lain yaitu sinyal penuh namun untuk browsing internet lemot bahkan hanya support 3G-H+. Hal seperti itu sering terjadi karena pengaruh area tempat yang memungkinkan tidak support jaringan 4G. Untuk meminimilasir hal ini biasanya saya mengubah jaringan data seluler dari 4G ke 3G only agar sinyal bisa stabil dan internetnya lancar.


4.  Sistem Operasi Bermasalah (Software)

Sinyal jaringan lemah juga bisa disebabkan oleh OS Android bermasalah seperti file sistem hilang atau corupt. Perlu kita ketahui, semua Smartphone pasti memiliki OS (Sistem Operasi) untuk menjalankan semua fitur didalamnya, khususnya fitur jaringan atau signal. OS Android pada Smartphone bisa rusak jika kita sebelumnya pernah oprek sistem atau root. File sistem yang seharusnya tidak perlu kita otak-atik dan berpengaruh kepada fitur jaringan yang malah membuat sinyal mendadak hilang atau SIM tidak terdeteksi. Dalam mengatasi sinyal hilang karena Sistemnya yang rusak bisa kita perbaiki dengan melakukan reset ulang atau kembali kepengaturan awal pabrik. Apabila tidak berhasil, maka langkah kedua yakni dengan cara flashing ulang melalui PC/Laptop.


5. Nomor IMEI Android Invalid atau NULL

Semua HP pasti memiliki IMEI yang nomornya pasti berbeda. IMEI seperti identitas yang memungkinkan pengguna bisa melacak dan mengetahui informasi dari hp itu sendiri. Masalah jaringan sinyal hilang, tanda silang atau tidak terdeteksi bisa juga dikarena IMEI invalid. Untuk mengetahui informasi nomor IMEI perangkat yaitu dengan Dial *#06#. Jika IMEI Hp anda Invalid/NULL/Kosong maka sudah dipastikan jaringan tidak akan bisa terdeteksi. Untuk memperbaiki IMEI Invalid pastinya berbeda-beda, tergantung tipe smartphone yang anda pakai. Cara lainnya anda bisa memasukkan nomor IMEI yang tertera pada dusbook HP anda secara manual dan tentunya diperlukan hak akses root dengan menggunakan Aplikasi bypass IMEI seperti Apps Chamelephon APK, khusus chipset Mediatek(MTK). Alternatif lain bisa mencoba Flashing Ulang ROM atau lebih lengkapnya coba bertanya pada mbah google.


6. Jalur Antena Signal Putus

Apabila 5 cara diatas masih belum berhasil, maka 80% masalah sinyal hilang atau tidak terdeteksi bisa disebabkan oleh jalur antena signal yang putus atau tidak tersambung. Antena sinyal ini terletak didalam Hp dan tentunya dilakukan pembongkaran kesing. Cari antena sinyal, jika jalur atau switch memang putus, maka coba jumper atau ganti antena dengan yang baru.


7. IC PA Rusak

Setelah semua cara sudah dilakukan namun hasilnya sama, yakni sinyal jaringan hilang atau tidak terdeteksi, kemungkinan masalahnya ada di hardware. Komponen yang paling berpengaruh terhadap sinyal jaringan Hp yaitu IC PA. IC ini bisa bermasalah jika sebelumnya Hp yang anda pakai terjatuh atau terkena air yang membuat komponen didalamnya rusak termasuk IC PA ini. Untuk memperbaiki dan mengganti IC PA diperlukan keahlian khusus dan juga alat-alat servis yang memadai. Tapi sebelum mengganti, alangkah baiknya analisa terlebih dahulu dengan mengecek jalur, tegangan pada setiap komponen lain yang terhubungan dengan Antena sinyal dan IC PA.

Itulah cara memperbaiki sinyal jaringan Android hilang, lemah atau tidak terdeteksi. Semoga Tips ini bisa menambah wawasan anda dalam mengatasi masalah pada Hp termasuk masalah sinyal. Jika masih belum paham cara perbaikan sinyal diatas, bisa langsung komentar dibawah.

0 Komentar