6 Jenis CPU Pada HP Android

Prosesor atau sering kita kenal dengan sebutan CPU (Central Processor Unit) adalah otak utama bagian dari smartphone dan PC. Urutan prosesor itu sendiri akan bekerja secara otomatis ketika smartphone mulai dihidupkan. Mulai dari Ic Power yang memberikan tegangan pada Ic CPU dan dilanjutkan dengan Ic EMMC yang pekerjaannya menjalankan Sistem Operasi (OS).

6 Jenis CPU Pada HP Android

CPU merupakan tempat dimana seluruh perangkat OS dan aplikasi bekerja. Berbeda dari PC yang prosesornya cuma fokus pada fungsi perhitungan dan sementara itu kinerja pada prosesor smartphone sendiri lebih berfungsi sebagai media pengontrol memori, grafis, sound, dan lain sebagainya.

Prosesor pada smartphone memiliki banyak ragamanya dan tentunya disetiap model smartphone menggunakan jenis prosesor yang berbeda-beda. Dari sini kita tahu bahwa disetiap jenis CPU memiliki keunggulannya masing-masing.

Semakin tinggi kualitas prosesor yang dipakainya, maka secara otomatis performa smartphone itu akan menjadi lebih baik. Sebaliknya apabila prosesor dengan kualitas jelek maka performa yang di hasilkan akan lebih lemot, mudah panas bahkan gampang rusak.

Ada benyak jenis prosesor yang dipakai di berbegai negara, dan berikut ini adalah jenis prosesor smartphone terbaik dan berkelas yang sering digunakan di negara Indonesia :


1. Qualcomm Snapdragon

Qualcomm adalah jenis prosesor pada smartphone yang paling banyak digunakan pengguna Indonesia. Jenis prosesor ini di buat di negara Amerika. Qualqomm telah mempunyai 4 generasi, yakni dengan urutan Snapdragon S1, S2, S3, S4 dan akan terus dikembangkan lagi.

Prosesor satu ini mempunyai kualitas yang cukup mempuni dan sampai sekarang masih belum ada yang mampu menyaingi prosesor besutan dari Amerika ini. Prosesor Qualcomm Snapdragon memberikan grafik Adreno yang merupakan anak buah dari AT1. Prosesor ini tidak mudah panas dan cocok di gunakan untuk gaming.


2. Exynos

Exynos adalah prosesor yang cukup terkenal yang merupakan salah satu besutan dari brand Samsung. Jenis-jenis chipset Exynos ada banyak sekali, untuk menyederhanakan mari kita bagi saja chipset Exynos dalam dua kategori. Kategori pertama yaitu Exynos yang didasarkan pada arsitektur ARMv7 dan yang kedua yaitu Exynos yang didasarkan pada arsitektur ARMv8.

Performa CPU ini tidak diragukan lagi dan hampir menyerupai CPU Qualcomm. Memiliki tambahan GPU yang membuat kualitasnya berguna untuk bermain game 3D dan multitasking. Exynos yang tertanam lengket di board dengan lem anti panas membuatnya lebih aman dan selalu dingin meskipun dimainkan dalam waktu yang lama.


3. Mediatek (MTK)

Mediatek atau disingkat dengan sebutan MTK ini adalah salah satu chipset pada smartphone. Di awal dulu, prosesor Mediatek pertama kali menemani smartphone jenis Android dengan harganya yang termurah. Namun seiring waktu, banyak pengguna meragukan bahwa prosesor jenis MTK ini kurang baik jika dibandingkan dengan Qualcomm.

Namun Mediatex dengan seri terbaru bisa diandalkan dan dan hampir sama kemampuannya dengan Qualcomm. Sampai sekarang Smartphone yang menanamkan prosesor MTK dijual dengan harga yang terjangkau dengan kualitas yang tidak kalah dengan yang berkelas sekalipun.


4. Intel

Intel adalah jenis prosesor yang sering dipakai di laptop. Namun sekarang, Intel telah  digunakan pada beberapa jenis smartphone seperti Asus zenfone dan Lenovo. Prosesor Intel sendiri memang memiliki kemampuan yang cukup handal dengan teknologi thread seperti memiliki empat inti. Banyak yang bilang bahwa CPU Intel ini tidak cocok di tanamkan pada smartphone. Kelemahannya gampang panas dan sering hang.

Intel sudah lama memiliki perubahan besar-besaran dalam rencana system on a chip (SoC). Dengan memberhentikan pengembangan produk berkode Broxton dan SoFIA. Itu artinya Intel telah meninggalkan pasar untuk smartphone dan tablet. Namun pada lini laptopnya, Asus tetap setia menggunakan prosesor Intel.


5. OMAP

OMAP adalah jenis prosesor yang dikembangkan oleh Texas Instrument. Prosesor OMAP dirancang untuk smartphone yang mampu menghasilkan performa yang responsif dan kinerja yang handal. Tidak cuma itu, user interface yang lebih cepat dan juga menghasilkan video full HD baik dari kamera primer maupun sekunder. Tidak heran prosesot ini cocok sekali untuk streaming video.

Meskipun namanya tidak terkenal, namun  prosesor OMAP sepertinya dulu pernah diapdopsi oleh vendor sekelas Samsung, sebut saja Samsung Galaxy Nexus. OMAP pernah meraih meraih pengahasilan dipasar smartphone dan tablet sampai tahun 2011 dan setalah itu kalah dalam bersaing dengan Snapdragon. Dan akhirnya ditahun 2012 Texas Instruments berhenti memproduksi prosesor OMAP.


6. NVIDIA Tegra

NVIDIA Tegra merupakan prosesor yang cukup terkenal untuk meningkatkan performa smartphone, PC dan Mobil. NVIDIA memfokuskan untuk gaming device yang masih berbasis Android (Next Gen Shield), dan komputasi pada mobil. Salah satunya prosesor yang amat memadai dalam menjalankan semua fungsinya serya menyediakan pengalaman sangat memuaskan.

NVIDIA ini adalah produk yang terlebih dahulu memperkenalkan quad core dibandingkan produk yang masih dual core. Inti pada jenis prosesor ini bekerja dengan baik ketika digunakan dalam bermain game yang berat.


Itulah sedikit informasi mengenai nama jenis Prosesor (CPU) yang dipakai pada brand smartphone Android dinegara Indonesia. Tinggalkan jejak dengan menambah ulasan yang perlu di tambahkan di kolom komentar. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan ilmu kita di dunia teknologi.

0 Komentar