Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

6 Kelebihan Dan Kekurangan Baterai Tanam

6 Kelebihan Dan Kekurangan Baterai Tanam

Smartphone merupakan perangkat komunikasi elektronik jarak jauh yang memerlukan daya listrik untuk di bawa bepergian. Dan Baterai adalah pendukung utama Smartphone yang berfungsi untuk menyimpan sumber daya energinya.

Dulu baterai bisa dipasang dan dicopot dengan membuka kesing penutup belakang Hp. Namun sekarang ini Handphone menjadi Smartphone yang lebih canggih dan kini menjadi baterai tanam (Non-Removable).

Baterai tanam pada Smartphone tidak memungkin pengguna bisa langsung melepas paksa baterai. Pengguna yang ingin melepas baterai taman untuk keperluan mengganti atau hanya ingin mematikan smartphone maka harus melewati berbagai tahap seperti membuka kesing, baut, hingga ada yang harus melepas LCD dan Touchscreen.

Kenapa produsen Smartphone memproduksi baterai tanam?.

Alasan Memakai Baterai Tanam: karena ada beberapa alasan. Alasannya bukan karena meniru gaya iPhone Apple. Memang Apple yang pertama kali menggunakan baterai tanam sejak tahun 2017. Ditahun selanjutnya, brand ponsel terkenal seperti Samsung, Vivo, Xiaomi, Asus dan Oppo pun juga ikut membekali baterai tanam karena alasan tertentu.

Kelebihan Baterai Tanam

Nah, sebelum membahas lebih lanjut, simak dulu kelebihan produsen Smartphone jenis terbaru membekali baterai tanam berikut ini. Berikut ini 6 kelebihan baterai tanam smartphone :

1. Baterai Tanam Smartphone lebih safety

Dengan adanya baterai tanam, maka Hp kita bisa lebih aman/safety, sebab pengguna tidak bisa otak-ati dan bongkar pasang baterai secara paksa. Baterai smartphone adalah hal penting dan perlu kita jaga.

2. Baterai Tanam Tidak Mudah Terkena Air Dan Debu

Smartphone bisa rusak apabila kemasukan air, tapi dengan dibekali fitur anti air dan debu membuat pengguna tidak terlalu kawatir lagi. Baterai tanam yang ada pada smartphone anti air memakai perlindungan khusus yang tidak tembus air. Selain itu lubang-lubang smartphone seperti kesing penutup, colokan cas, headset serta speaker yang mudah dimasuki air dan debu juga diberi keamanan khusus untuk mencegah terjadinya kemasukan air atau debu. Itulah sebabnya baterai tanam diperlukan smartphone dalam mencehah kemasukan air dan debu yang bisa membuat baterainya konslet.

3. Kapasitas Daya Baterai Tanam Lebih Besar

Spesifikasi smartphone belum bisa dikatakan tinggi jika kapasitas mAh bateranya kecil. Di Hp lama yang menggunakan baterai lepasan, rata-rata penyimpanan baterainya lebih kecil, namun dengan munculnya smartphone terbaru yang menggunakan baterai tanam sudah membekali kapasitas daya baterai lebih besar. Dengan begitu pengguna smartphone tidak akan lagi mengecas terus menerus.

Baca Juga : Cara Mengatasi HP Tidak Bisa Dicas

4. Bisa Memasukan SIM Card Tanpa Melepas Bateri

Selain itu, biasanya baterai yang terletak dibagian belakang Smartphone berdekatan dengan kartu SIM dan Memori. Tetapi berbeda dengan smartphone baterai tanam. kita bisa lebih mudah ketika ingin mengganti kartu SIM maupun kartu memori tanpa harus mematikan smartphone dan melepas baterainya dulu. 

5. Fisik Lebih Premium

Alasan produsen membekali baterai tanam pada smartphone agar komsumen tertarik dengan fitur yang lebih tipis, ringan dan terlihat premium. Fisik Smartphone flaship dengan ketipisan maksimal membuat produsen mengakalinya dengan menanamkan baterai kedalam Smartphone.

6. Pengguna Tidak Kawatir Kehilangan Smartphone

Sekarang ini pengguna yang memakai smartphone dengan baterai tanam jadi gak kawatir lagi jika suatu saat kehilangan Hp. Pengguna bisa berkesempatan melacak smartphone nya melalui gps smartphone temannya dulu mengetahui keberadaan smartphone tersebut sebab smartphone yang sudah hilang ataupun dicuri orang masih dalam kondisi hidup dan pencuripun akan susah mematikan.

Kekurangan Baterai Tanam

Selain kelebihan, Smartphone Non-Removable juga memiliki kelemahan lho!. Baterai tanam memang tidak gampang rusak, namun bukan berarti baterai tanam gak bisa bisa rusak ya!. Tidak semua orang menyukai smartphone jenis baterai tanam. Perbedaan baterai yang bisa dilepas dengan yang ditanam pada smartphone memiliki kelebihan dan kekurangan. Dan berikut adalah kekurangan baterai tanam smartphone :

1. Biaya Ganti Baterai Tanam Mahal

Perbaikannya hanya bisa dilakukan oleh ahli dan membutuhkan biaya yang tidak murah, lo. Satu-satunya cara kalau baterai tanam bermasalah adalah dengan mengganti.

2. Baterai Tanam Mudah Panas

Baterai tanam biasanya lebih mudah terasa panas saat kita sedang menggunakan Smartphone. Hal ini disebabkan jarak baterai dan PCB didalam smartphone menempel atau terhubung langsung, sehingga panas lebih cepat merambat kekomponen lain didekatnya.

Baca Juga : Penyebab Hp Cepat Panas Meski Tidak Digunakan

3. Susah Dimatikan Ketika Hang

Pernah gak kalian mengalami smartphone tiba-tiba hang atau macet saat dipakai?. Biasanya, jika hal itu terjadi, kita bisa saja langsung mematikannya dengan melepas baterai. Akan tetapi, bagaimana jika smartphone kita memakai baterai tanam?. Ini akan susah dimatikan, dan diperlukan orang ahli yang bisa mematikannya.

Penutup

Nah, itulah kelebihan dan kekurangan baterai tanam pada smartphone. Saya sih, lebih suka menggunakan baterai tanam sebab kapasitas mAh penyimpannya lebih besar, awet dan tidak mudah rusak.

Sebenarnya untuk mematikan smartphone baterai tanam yang hang cukup mudah. Hanya saja perlu obeng untuk membuka kesing belakannya. Namun yang saya jelaskan diatas, ada merek Hp yang diharuskan mencopot LCD dulu untuk melepas baterai tanam.

Posting Komentar untuk "6 Kelebihan Dan Kekurangan Baterai Tanam"