9 Macam Tools Flashing Android

9 Macam Tools Flashing Android


Flashing Android adalah proses perbaikan dan pemasangan ulang OS (Operating Sistem) supaya bisa kembali seperti semula. Selain itu flashing juga bisa berfungsi untuk uprgade ROM untuk meningkatkan versi terbaru, Custom ROM, Instal Cwm Recovery, Twrp dan Rooting.

Smartphone yang kita pakai sehari-hari bisa dioperasikan karena memiliki OS yakni Android atau iOS. Sistem Operasi pada Android memiliki versi yang berbeda-beda, mulai dari Android versi froyo,   jelly bean -> kitkat -> lollypop -> marshmallow, nougat, oreo, pie sampai yang terbaru yaitu Android Q v10.0.

OS sendiri menjalankan berbagai fitur seperti membuka whatsapp, telepon, youtube, browsing, main game, mendengarkan musik dan lain sebagainya.

Fungsi Flashing Android

Flashing membantu kita untuk memperbaiki apabila smartphone tersebut mengalami error. Kerusakan smartphone bisa di atasi sendiri dengan mudah tanpa. Nah, berikut ini adalah fungsi dari flashing smartphone android :
  1. Mengatasi Hp gagal booting(Bootloop),
  2. Aplikasi terhenti tiba-tiba,
  3. Upgrade Rom ke versi terbaru contohnya dari android Nougat ke Oreo atau versi atasnya lagi,
  4. Mengganti Stok ROM bawaan dengan Custom ROM,
  5. Memasang CWM Recovery, Twrp dan Rooting,
  6. Dan juga bisa mengatasi semua hal error lainnya yang berhubungan dengan software atau OS Smartphone Android.

Alat Dan Bahan Flashing Android

Proses flashing untuk perbaikan smartphone diperlukan alat dan bahan khusus. Perlengkapannya flashing tidak memerlukan banyak alat, kita cuma butuh beberapa tools flasher dan yang terpenting yaitu harus punya PC/Laptop. Dan berikut ini adalah alat dan bahan flasher Android menggunakan bantuan PC :
  1. PC Atau Laptop,
  2. Kabel Data,
  3. Software Flashing tools for Android,
  4. Driver Usb for android.

Macam Tools Flashing Android

Ada banyak jenis software untuk flashing smartphone. Untuk flashing HP Android diperlukan tools/sofware, dan tools ini tergantung jenis chipset Hp yang digunakan. Berikut adalah software atau tools flashing smartphone via PC menurut chipset masing-masing :

1. SP FLASH TOOL

Tools flahser ini satu ini paling sering dipakai karena support all model smartphone. Namun paling umumnya digunakan khusus untuk flashing Android dengan Chipset Mediatek(MTK) seperti model Hp Oppo, Evercoss, Vivo, Xiaomi dan juga bisa Samsung yang memakai chipset atau MTK. SP Flashtools bisa didownload melalui google secara gratis.

2. ODIN FLASH TOOL

Tools Flasher satu ini bernama ODIN yang dikhususkan untuk flashing Hp Android dengan chipset CPU Qualcomm. ODIN flash banyak digunakan oleh teknisi dalam memperbaiki Hp model Samsung. Tools ODIN tidak terlalu ribet digunakan dan softwarenya pun mudah didapatkan. 

3. MI FLASH TOOL

Dari segi namanya saja aplikasi pc satu ini tidak asing lagi. MI Flash adalah tools gratis yang bisa dipakai untuk keperluan flashing pada semua model Hp Xiaomi dengan chipset Qualcomm Snapdragon.

4. RESEARCH Download Tool

Tools flashing ini dikhususkan untuk type dan merek smartphone dengan jenis chipset CPU Spreadtrum. Reseacrh Download bisa kamu dapatkan secara gratis untuk keperluan flashing stock ROM melalui google.

5. HDD RAW COPY

Software atau aplikasi pc flashing bernama HDD RAW COPY berfungsi sebagai alat flasher yang sering digunakan untuk smartphone android model Smartfren. Software ini memang jarang dipakai lantasan pengguna smartfren sedikit, namun bagi kalian yang ingin mendatpatkan tools Flash HDD RAW COPY untuk berjaga-jaga bisa didownload secara gratis melalui pencarian google.

6. RK BatchTool

Tools Khusus untuk flashing Hp android yang memkai Chipset CPU RockChip seperti Tabulet Troy, Cube dan lainnya.

7. SP MDT

Tools Khusus untuk smartphone MDT seperti ZTE Tab Light.

8. LiveSuit

Salah satu tools gratis Khusus untuk flashing android yang pakai Chipset CPU Allwinner seperti Hp Cyrus pad, Treq Basic dan lainnya.

9. LG Flash Tools

Tools flasher yang bisa digunaka pada smartphone merek LG.

Nah, itulah 9 tools flashing yang sering digunakan teknisi untuk proses flashing melalui PC/Laptop. Semoga ulasan diatas bisa membantu kalian yang ingin mulai belajar memperbaiki kerusakan software Hp Android dengan tools flashing via PC, Semoga bermanfaat.

0 Komentar