Apa Itu CWM Dan TWRP Android?

Apa Itu CWM Dan TWRP Android


CWM dan TWRP adalah fitur Recovery buatan developer yang bisa dipasang manual oleh pengguna Android. Umumnya fitur ini membantu pengguna dalam melakukan instalasi Stock ROM maupun Custom ROM. CWM atau TWRP bisa dipasang asalkan Android sudah memiliki hak akses root.

Mengenal CWM dan TWRP

Sebelum membahas lebih lanjut, sebaikya kita kenali dulu Fungsi TWRP dan CWM. Secara ringkas fungsi TWRP Dan CWM tidak jauh berbeda dengan Recovery Mode(Bawaan). Hanya saja dari segi fitur dan kelebihan, CWM/TWRP lebih lengkap fiturnya dibandingkan Recovery Mode bawaan Hp.

  1. TWRP adalah singkatan dari Team Win Recovery Project yang artinya team yang membuat dan merancang ulang Recovery mode untuk memudahkan pengguna dalam memperbaiki dan instalasi Sistem OS yang bersifat terbuka (Open Source Custom). TWRP didesain dengan tampilan dan antarmuka yang lebih menarik. TWRP dapat di operasikan dengan mudah yakni bisa memilih menu dengan sentuhan.
  2. CWM adalah singkatan dari Clock Word Recovery, dimana desainn CWM ini hampir merip dengan recovery mode bawahan hp aslinya. Yang membedakan antara CWM dan Recovery mode bawaanan Hp yaitu dari penambahan fitur.

Fungsi CWM Dan TWRP

Berikut adalah kelebihan dan fungsi dari TWRP dan CWM di Hp Android :
  1. Desain Menarik dan bisa dioperasikan dengan touchscreen,
  2. Dapat melakukan instalasi costum ROM,
  3. Kernel, Add-Ons, GAPPS, dan Mod lain,
  4. Mendukung Backup dan restore file system, boot, user data, cache, dan penyimpanan internal,
  5. Bisa mentansfer file melalui MTP, file manager, dan terminal emulator,
Dari segi fitur, TWRP dan CWM merupakan aplikasi Modding yang desain ulang dari recovery bawaan aslinya untuk mempermudah melakukan pengoperasian dan eksekusi perangkat dan system android.

Cara Menggunakan CWM Dan TWRP

Langkah-langkah masuk ke menu tampilan CWM maupun TWRP di setiap Hp Android berbeda, namun paling umumnya seperti langkah berikut:
  1. Matikan HP Android anda,
  2. Tekan dan tahan tombol power + volume atas + home secara bersamaan,
  3. Ketika muncul logo gambar, lepas semua tombol,
  4. Masuk dan pilih Recovery CWM atau TWRP.

Cara Instal CWM Dan TWRP

Untuk memasang recovery modding, TWRP atau CWM diperlukan hak akses root dan pastinya bahan-bahan wajib yakni file CWM/TWRP yang cocok dengan tipe android yang kita gunakan.

Sebelum itu, pastikan perangkat android dan OS support dengan modding recovery tersebut. Ada dua cara untuk menginstal CWM maupun TWRP di HP Android yakni dengan aplikasi dan via PC.
  • Instal CWM dan TWRP tanpa PC : Aplikasi yang akan kita pakai sekarang bernama Rashr. Aplikasi ini bisa flash stock recovery(Bawaan HP) maupun Custom Recovery(CWM dan TWRP) tanpa menggunakan PC selain itu aplikasi ini juga bisa digunakan dalam mebackup recovery dan kernel dengan catatan "Android anda sudah dalam keadaan Root".
  • Instal CWM dan TWRP Via PC : Untuk menginstal mod recovery melalui Pc diperlukan alat dan bahan CWM dan TWRP mentahan yang support dengan model dan tipe HP android yang anda gunakan. File itu bisa didapatkan di google dengan kata kunci pencarian "cara pasang CWM/TWRP_tipe hp_via PC", contohnya "cara pasang CWM Oppo a3s via PC".

Kekurangan CWM dan TWRP

adapun kekurangan memakai aplikasi modding CWM dan TWRP yakni sebagai berikut :
  1. Bersifat Open Source(Terbuka) yang diwajibkan Android sudah memiliki hak akses root,
  2. Kehilangan Garansi Distributor dan Resmi,
  3. Jika salah penggunaan dan pemasangan CWM dan TWRP akan berakibat buruk seperti Hp Bootloop bahkan mati total
  4. Sistem OS mudah bermasalah atau Bug.

Penutup

Mungkin itu saja penjelasan tentang pengertian CWM Recovery dan TWRP. Mungkin masih banyak yang belum bisa saya jelaskan disini. Agar bisa menambah wawasan anda, maka anda bisa membaca ulasan tentang tips dan permasalahan Android lainnya di artikel yang lain.

0 Komentar