Cara Memperbaiki Hp Kemasukan Air

Cara Memperbaiki Hp Kemasukan Air


Seringkali kasus Hp terjebur atau kemasukan air membuat pengguna merasa kawatir. Mungkin anda tidak cemas lagi, jika Hp masih bisa dihidupkan secara normal, namun belum tentu tidak terjadi masalah kedepannya jika dibiarkan saja.

Masalahnya air yang masuk kedalam melalui lubang-lubang port bisa membuat HP menjadi panas. Panas(overheat) pada Hp karena disebabkan oleh Short atau konslet. Jika anda mendiamkan dan menyalakan Hp tersebut maka akan sangat berpengaruh besar dan membuat HP menjadi Matot atau beberapa fitur mungkin mengalami kerusakan.


Macam Kerusakan HP Yang Kemasukan Air

Beberapa jenis Fitur Hp yang mungkin bermasalah ketika habis kemasukan air :

  • Tidak bisa di cas atau malah berkurang,
  • Kamera depan atau belakang rusak,
  • Jack Audio tidak bisa,
  • LCD gelap gulita,
  • Sentuh error atau macet,
  • Sensor Rusak,
  • Speaker telpon atau musik rusak,
  • Mic tidak bisa menangkap suara, dll.

"Jadi, apa yang harus dilakukan ketika HP habis terjebur kedalam air?"


Langkah Memperbaiki HP Kemasukan Air

Ada beberapa langkah yang harus anda lakukan supaya HP kembali normal. Kita harus mengeringkan secara menyeluruh mulai dari luar hingga dalam untuk memastikan Hp benar-benar bersih dari air. Untuk tahap awalnya kita tidak perlu membongkar kesing Hp. Berikut ini bisa anda praktekkan jika HP anda habis terjebur kedalam air tanpa bongkar kesing :


1. Mematikan HP Secara Paksa

Mematikan paksa Hp (tekan power + vol down bersamaan). Tidak perlu bongkar kesing; Untuk berjaga-jaga, maka sesegera mungkin matikan paksa HP untuk sementara waktu. Hal ini bisa mencegah konsleting pada komponen-komponen didalamnya. Jika hendak menghidupkan kembali HP, pastikan dulu bahwa sudah tidak ada air lagi diluar maupun didalam HP.

2. Jemur Hp Dibawah Matahari

Tidak perlu bongkar kesing; Tidak cuma pakaian yang perlu dijemur, HP yang masih basah habis kemasukan air bisa dijemur dibawah sinar matahari sampai benar-benar kering. Tidak perlu membuka kesing, langsung jemur saja selama 4-5 jam. Setelah dijemur coba nyalakan HP dan lihat hasilnya.


3. Keringkan HP Dengan Hair Dryer

Tidak perlu bongkar kesing; Untuk memastikan dan memaksimalkan bahwa air didalam HP benar-benar bersih setelah di jemur. Langkah selanjutnya yaitu dengan mengeringkan HP dengan Hair Dryer. Caranya adalah dengan memutar secara perlahan searah jarum jam sampai Hp kering sepenuhnya. Lakukan cara ini selama 10-15 menit saja.


4. Lepas Baterai Tanam HP

Harus bongkar kesing; Jika Hp anda memakai baterai tanam maka melepas baterai adalah cara meminimalisir konsleting. Biasanya daya listrik baterai akan berkurang bahkan habis seketika setelah Hp kemasukan kedalam air. Arus tegangan baterai bisa membakar komponen penting didalam HP, dan membuat Hp terasa panas ketika dipegang. Untuk melepas konektor baterai tanam diperlukan obeng untuk membuka kesing.

Baca Juga : 6 Kelebihan Dan Kekurangan Baterai Tanam


5. Lepas Dan Bersihkan Konektor

Harus bongkar kesing; Langkah kelima ini mudah-mudah susah, namun layak anda lakukan jika Hp masih dalam keadaan matot (mati-total). Biasanya Hp yang habis kemasukan ke dalam air membuat beberapa konektor seperti LCD, Baterai, Cas dll tidak terhubung karena seperti berjamur, longgar, kuningan pudar bahkan putus. Caranya pada nomor 5 dibawah ini yakni membersihkan konektor yang dicurigai bermasalah dengan menggunakan cleaner/tinner A.


6. Bersihkan Konektor Dan Komponen Pada Board

Harus bongkar kesing; Jika masalahnya seperti nomor 4 diatas, membersihkan beberapa konektor dan komponen di board HP dengan cleaner atau tinner adalah solusi paling jitu dalam memperbaiki Hp mati total yang awalnya abis terendam kedalam air. Biasanya komponen penting seperti LCD, USB/Konektor cas dan berbagai komponen lain muncul kerak atau berjamur dan membuat konektor putus atau tidak terhubung.

Misalnya contoh Hp ditelpon masih nyambung dan bergetar, ada tanda kehidupan, namun layarnya blank hitam, maka anda perlu mencurigai konektor LCD. Coba bersihkan konektor tersebur hingga kerak dan jamur hilang.

Baca Juga : Mengenal Nama-nama Komponen Penting Pada Smartphone


7. Masalah IC Hardware

Harus bongkar kesing; Jika beberapa tahap sudah anda lakukan dan Hp masih saja bermasalah. Maka bisa jadi kerusakan HP yang awalnya kemasukan air karena masalah Hardware. Untuk memperbaiki Hp mati total, tidak ada kehidupan atau cuma bergetar saja bisa dilakukan dengan pengecekkan menyeluruh menggunakan bantuan power supply, Kita bisa mengatasi masalah itu dengan melihat pergerakan arus ampare di power supply. Umumnya komponen itu berupa IC yang short seperti IC Power atau IC CPU. Untuk memperbaikinya diperlukan keahlian khusus dibidang ini.

Penutup

Itulah sedikit tips cara memperbaiki Hp yang habis kemasukan air atau terendam. Semoga bisa memberikan ilmu dan wawasan bagi kita semua. Berikan jejak anda setelah membaca dari awal hingga akhir artikel dengan memberikan komentar dibawah. Saya akan mencoba membantu semaksimal mungkin masalah Hp anda, terima kasih.

0 Komentar