Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Memperbaiki PlayStore Android Error

Cara Memperbaiki PlayStore Android Error

Apakah Anda pernah mengalami masalah pada Aplikasi Google Play Store rusak?. Muncul notif "kesalahan saat mengunduh aplikasi baru, Google Play Store berhenti sendiri, proses download gagal atau aplikasi tidak kompatibel".

Mengatasi Google Play Store Error

Ada beberapa faktor penyebab yang memungkinkan mempengaruhi error ketika ingin mengakses Aplikasi Google Play Store di Android. Berikut adalah cara mengatasi masalah Play Stote yang error dan tidak bisa download apps;

1. Cari Penyebabnya

Langkah awal, Periksa status Aplikasi Google Play Store pada layanan downloader. Smartphone Android yang baru kita beli pasti tersedia aplikasi Play Store dan pastinya memerlukan akun Google. Anda wajib login atau buat akun agar bisa membuka Play Store. Nah, setelah sudah masuk, maka secara otomatis Play Store akan Update.

Anda akan melihat notif unduhan di status bar. Tentu saja Ketika anda ingin mendownload aplikasi baru akan selalu gagal, sebab aplikasi yang anda unduh akan masuk kedaftar antrian download. Setelah Play Store selesai update, maka coba download ulang aplikasi dari Play Store.

2. Periksa Koneksi Internet

Ini terlihat sepele. Masalah Play Store tidak bisa diakses bisa disebabkan oleh pengguna sendiri yang belum menghidupkan ke data internet. Bisa juga masalah jaringan yang disebabkan oleh provider seperti sinyal lemah yang membuat Play Store tidak bisa memasang aplikasi baru.

Jika dirasa sudah, coba beralih dari Data Seluler ke jaringan Wifi atau sebaliknya, dan lihat apakah masalahnya tetap ada. Anda juga bisa mencoba mengalihkan ke "mode pesawat" dan hidupkan kembali. Coba tes internet dengan browsing.

3. Atur Tanggal dan Waktu

Google memeriksa tanggal dan waktu smartphone Android Anda untuk Play Store. Waktu dan tanggal juga salah satu penyebab playstore tidak bisa di akses. Atau mungkin server Google mengalami masalah ketika menyinkronkan dengan perangkat Anda dan menyebabkan Play Store Anda bermasalah dan tidak bisa mendownload aplikasi baru.

Untuk mengatasinya, Anda perlu masuk Pengaturan, gulir dan cari pengaturan Tanggal dan Waktu. Ubah dan aktifkan tanggal dan waktu otomatis yang disediakan oleh jaringan.

4. Hapus Data Cache Aplikasi Google Play

Jika Play Store macet, tutup paksa dengan menggeseknya langsung atau bisa dengan membuka Pengaturan-> Aplikasi & pemberitahuan-> Lihat semua aplikasi, pilih Google PlayStore dan tekan Paksa berhenti.

Melakukan pembaruan versi terbaru Google Play, terutama ketika Google Play Store tiba-tiba berhenti terus. Lakukan pembersihkan penuh pada data cache dan data "Google Play Store" di pengaturan aplikasi.

Apabila masalah tidak terselesaikan, maka ulangi pembersihan data dan cache pada aplikasi sistem "Layanan Google Play".

5. Download PlayStore Terbaru

Anda bisa mendownload manual aplikasi Play Store dari aplikasi toko Apps atau dari google chrome dengan mencari kata kunci "Download PlayStore Terbaru".

Dengan begitu anda dapat memasangnya dengan mudah, namun cara ini belum tentu berhasil karena mungkin anda perlu memasang Aplikasi Google Play Service juga.

6. Kembali Ke Pengataruan Pabrik

Kasus Google Play Store yang rewel bisa atasi dengan mudah tanpa harus ribet-ribet otak-atik sistem atau Flashing menggunakan PC. Tanpa PC pun masalah Play Store dapat terobati dengan melakukan riset ulang atau kembali ke pengaturan pabrik. Ini membuat perangkat seluler anda bisa kembali seperti baru lagi dan sistem tidak terjadi error lagi.

Untuk melakukannya cukup mudah yaitu dengan pergi ke pengaturan->gulir dan cari manajemen umum-> ketuk reset-> riset data pabrik-> oke, selesai.

7. Update Versi OS

Jika masalah belum juga berhasil, langkah berikutnya dalam memperbaiki kerusakan Play Store bisa adalah dengan memperbarui versi OS Hp Android anda.

Jika Perangkat Android anda tersedia Update-an versi atasnya, maka anda bisa mendownloadnya langsung.

Caranya, pergi ke menu Pengaturan->gulir dan cari pembaruan perangkat lunak->pasang, proses ini memerlukan waktu yang lumayan lama, jadi bersabarlah dan biarkan saja sampai perangkat lunak selesai diunduh.

Perlu diingat! ukuran untuk mengunduh bisa mencapai 1gb lebih dan pastikan kuota paket internet serta penyimpanan internal anda cukup!.

8. Flashing Ulang

Tips terakhir apabila masalah tetap sama, Play Store masih error maka anda bisa langsung Flashing ROM.

Langkah ini mewajibakan anda untuk menyiapkan beberapa alat dan bahan seperti PC/Laptop, Kabel data bagus, Stok ROM/Frimware dan Tools Flashing yang support dengan tipe perangkat anda.

Baca Juga : 9 Macam Tools Flashing Android

Perlu diingat! Apabila terjadi gagal Flashing maka anda harus berani mengambil resiko yang bisa berpengaruh terhadap Hp anda seperti Bootloop hingga mati total.

Penutup

Itulah sedikit Tips Cara Memperbaiki Google Play Store Error. Jangan lupa beri jejak dengan memberikan komentar atau ingin sekedar bertanya tentang masalah seluler dibawah ya, terima kasih.

Posting Komentar untuk "Cara Memperbaiki PlayStore Android Error"