Cara Mengatasi HP Tidak Bisa Dicas

Hp yang kita pakai sehari-hari pasti memerlukan daya listrik yang diperoleh dari baterai. Dan bateri Hp perlu di cas untuk meyimpanan daya. Tanpa Baterai, Hp takkan bisa menyala dan dibawa kemana-kemana.

Cara Mengatasi HP Tidak Bisa Dicas

Akan tetapi bagaimana jika Hp tidak bisa di cas?. Kasus seperti yang dibahas ini seringkali saya dapatkan. Saya sebagai tukang servis perlu menganalisa lebih dalam untuk perbaikan HP, khususnya kerusakan dibagian charging.


Jenis Masalah HP Tidak Bisa Dicas

Kasus Hp yang tidak bisa dicas disebabkan oleh beberapa faktor dan tentunya perlu dicek satu-persatu permasalahannya. Berikut bebarapa kasus kerusakan Hp yang tidak bisa dicas;

  1. Hp tidak bisa di cas
  2. Di cas masuk, tapi tidak mengisi daya
  3. Di cas malah tambah berkurang
  4. Bisa di cas normal, namun kabel harus dipegang
  5. Bisa di cas, namun cepat penuh dan daya baterai juga cepat habis

Cara Memperbaiki HP Tidak Bisa Dicas

Apabali salah satu kasus diatas persis dengan masalah di HP kalian, maka solusi untuk mengatasi Hp yang tidak bisa di cas bisa yaitu dengan melakukan pengecekan seperti dibawah ini :


1. Cek Kabel Cas

Melakukan pergantian kabel data adalah langkah pertama yang patut anda coba sebelum melakukan tahap lainnya. Kabel data yang tiap hari digunakan untuk keperluan Charging bisa tiba-tiba terputus karena sering tertekuk. Maka dari itu coba lakukan pergantian kabel data baru, apabila belum berhasil, simak tahap kedua dibawah ini.


2. Cek Batok Charging

Batok charging mengalami kerusakan atau konslet. Hal ini sangat berpengaruh jika kita memakai batok cas atau kepala desktop dengan kualitas jelek. Kualitas cas berpengaruh terhadap pengisian daya dan bisa jadi Hp dapat mengisi, namun tidak ada arus listrik yang mengalir, malah baterai tambah berkurang. Coba dengan batok atau kepala charging yang lain. Jika belum berhasil lakukan ketahap ketiga dibawah.


3. Cek Baterai

Baterai adalah sumber tegangan utama yang paling berpengaruh terhadap kehidupan HP. Hp tidak mau mengisi, meski sudah di cas dengan benar. Hal ini bisa disebabkan oleh baterai itu sendiri. Mengganti baterai dengan yang baru adalah solusinya, namun alangkah baiknya lakukan pengecekan lebih mendelam. Baterai HP mungkin sudah usang atau kembung dan membuatnya tidak mampu lagi menyimpan daya. Kasus seperti ini perlu kita analisa atau mengecek lagi untuk mencari tahu kebenarannya, apakah betul baterai HP sudah rusak atau faktor masalah lainnya?. Coba lepas baterai dan isi baterai dengan cas desktop. Jika dirasa sudah terisi, pasang kembali baterai dan coba cas. Jika belum berhasil, next ketahap keempat dibawah.


4. Cek Konektor Cas

Cara keempat ini susah-gampang, sebab untuk mengecek konektor cas perlu beberapa alat khusus. Umumnya penyebab Hp tidak bisa dicas bisa disebabkan oleh konektor cas yang memang rusak. Untuk memperbaikinya tentu harus dilakukan pembongkarang kesing HP. Untuk mengeceknya, kita bisa menggunakan AVO/Multitester. Cek jalur VBat dan komponen di area bagian kaki konektor cas, jika mengalami short, coba ganti konektornya casnya. Jika setelah diganti masih mengalami short dan HP tetap belum bisa mengisi daya secara normal, maka simak ditahap kelima dibawah.


5. Cek IC Charging Dan Power

Langkah ini merupakan cara terakhir yang perlu kita cek. IC Charging dan IC Power biasanya terpisah namun ada juga yang menjadi satu dengan kode IC "PMI". IC ini rawan sekali rusak jika sebelumnya pengguna itu sendiri melakukan kesalahan ketika menggunakan HP. Umumnya penyebab IC Cas/Charging rusak karena pengguna :

  1. keseringan hp dicas dimobil
  2. keseringan hp dicolokkan kespeaker aktif
  3. kelamaan ngecas hp
  4. hp pernah terjatuh
  5. hp kemasukan air

Jika awalnya mulanya seperti itu, maka solusinya adalah dengan cara mengganti IC Cas/Power, namun sebelum eksekusi melepas IC, sebaiknya cek dulu komponen di area sekitar IC Cas/Power. Apabila ada komponen yang dicurigai konslet/short/rusak bisa langsung congkel.

Itulah Cara mengecek kerusakan Hp yang tidak bisa dicas. Jika tutorial mulai dari langkah satu hingga kelima diatas dapat mengatasi masalah anda, berikan komentar dikolom bawah ini. Dan sebaliknya, apabila belum berhasil dan tetap hp tidak mau mengecas, langsung tanyakan kepada saya. Saya akan berusaha membantu permasalahan anda, terima kasih.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

20 Daftar Alat Servis Hp, Fungsi Dan Harganya

6 Jenis CPU Pada HP Android