Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengenal Macam Nama Komponen Penting Pada Smartphone

Mengenal Macam Nama Komponen Penting Pada Smartphone

Di era digital saat ini, game menjadi fenomena yang tidak bisa dihindarkan. Dimana dari semua kalangan yang merasa jenuh dengan kehidupan mereka di dunia nyata mencoba menghibur diri dengan bermain game. Hal ini menyebabkan berkembang luas nya gadget dengan embel-embel gaming, atau seperti yang biasa kita dengar ialah spek gaming.

Apalagi semenjak hadirnya game mobile seperti PUBG, Mobile Legend, Free Fire, PES 2021 dan lain sebagainya membuat segala jenis merk hanphone berlomba lomba untuk membuat spekifikasi tertinggi agar laku di pasaran luas. Seperti yang kita ketahui ada Oppo dengan Find X-nya, Xiaomi dengan Black Shark 2 Skywalker-nya, Vivo dengan iQOO-nya,  ZTE dengan Nubia Red Magic 3-nya, Realme dengan 5 Pro nya, dan Asus dengan ROG-nya.

Macam Nama Komponen HP

Nah, pada kesempatan ini saya ingin mengupas sedikit mengenai nama-nama komponen komponen yang ada di dalam smartphone dan keunggulan nya di era digital saat ini. Kebanyakan orang memliki smartphone yang canggih, tetapi tidak memiliki pengetahuan dalam komponen smartphone nya. Seperti layar, batrai, chipset, memory, kamera.

1. Layar LCD

Mengetahui jenis dan tipe layar pada smartphone merupakan hal wajib jika ingin mendapatkan kenyamanan saat memandang layar smartphone anda. Berikut akan saya jelaskan secara ringkas jenis jenis layar pada smartphone saat ini.

  • Layar LCD: Kepanjangan dari LCD adalah  Liquid Crystal Display, yang berarti mengusung elemen dengan lapisan kristal cair. 
  • Layar TFT LCD: Thin Film Transitor Liquid Crystal Display, memiliki kualitas yang lebih baik dari pada LCD. Namun kekurangan nya ialah boros dalam penggunaan batrai. Serta keterbatasan sudut pandang ketika digunakan dibawah matahari.
  • Layar IPS: Merupakan terobosan yang dilakukan oleh pengembang LCD agar lebih baik dari pada TFT LCD. Dimana IPS memberikan kenyamanan saat digunakan dibawah matahari secara langsung namun tidak boros dalam penggunaan batrai.
  • Layar OLED: Organic Light Emiting Diode telah banyak digunakan dalam smartphone maupun monitor. Dilengkapi dengan bahan organik yang terbuat dari karbon, serta berada diantara 2 lapisan yakni Anoda dan Katoda. Layar OLED menghasilkan warna yang berkualitas serta memiliki respon yang cukup cepat saat di sentuh.
  • Layar AMOLED: Merupakan lanjutan dari layar OLED, layar AMOLED sering kali digunakan untuk smartphone high premium. Dimana layar AMOLED ini sendiri memberikan sensasi yang lebih memuaskan saat kita menonton video ataupun saat melihat foto. Saat ini, SAMSUNG ialah vendor pertama yang mengeluarkan smartphone dengan layar berteknologi AMOLED ini.
  • Layar Super Amoled: Merupakan versi lanjutan dari layar AMOLED ini memiliki kepanjangan Super Active Matrix Organic Light Emitting Diode. Mempunyai sensor sentuh pada layar itu sendiri serta memiliki responsibilitas yang lebih baik ketimbang layar AMOLED yang sebelumnya.

2. Baterai

Ada dua jenis baterai yang digunakan untuk smartphone yaitu baterai tanam (Non-Removable) dan baterai yang bisa mudah dilepas (Removable).

  • Baterai Removable: Baterai Removable ialah baterai yang tidak menyatu dengan body hp. Sayangnya, batrai jenis ini sudah jarang dijumpai saat ini.
  • Baterai Non-Removable: Baterai Non-Removable ini merupakan baterai yang menyatu dengan body HP. Banyak vendor smartphone pada saat ini yang menggunakan baterai jenis ini. Sayangnya, baterai jenis ini jika rusak harus ditangani oleh ahlinya.

Baca Juga: 6 Kelebihan Dan Kekurangan Baterai Tanam

3. Chipset

Ada bebagai jenis chipset yang tertanam pada smartphone.Chipset ini berpengaruh terhadap keunggulan dan performa ponsel pintar ketika di gunakan.
  • Apple A12 Bionic: Chipset besutan Apple ini dibangun dengan fabrikasi FinFET 7nm. Chipset ini memiliki kinera 20 x lebih cepat  dan memiliki efisiensi batrai sampai dengan 40%. Dimana smartphone yang menggunakan chipset ini adalah Iphone XS, Iphone XR, Iphone XS Max.
  • Snapdragon 855: Merupakan salah satu chipset terbaik di android tahun ini. Kyro 485 dan pengolah grafis adreno 640 menjadi alasan kenapa chipset ini menjadi kencang. Chipset ini juga mendukung modem untuk jaringan 5G yang digunakan beberapa HP kelas atas seperti OPPO Reno 10x Zoom, Samsung Galaxy S10 dan lain sebagainya.
  • Exynos 9820: Chipset ini dibangun dengan teknologi fabrikasi 8 nm yang didalamnya terdapat 3 kluster prosesor yakni Cortex A55, A75, dan Exinos M4 dengan kombinasi prosesor 4+2+2.

4. Penyimpanan

Memori adalah tempat penyimpanan lunak praktis yang bisa dipakai disegala jenis perangkat khususnya pada perangkat smartphone.
  • RAM: Merupakan singkatan dari Random-acces Memory. Bisa diartikan juga sebagai penyimpanan yang bersifat hanya sementara. Ketika ada data atau aplikasi yang dibuka, RAM akan menyimpan data sementara sebelum nantinya dihilangkan dengan menutup aplikasi tersebut.
  • Memori Internal: Ialah tempat penyimpanan berbagai data di sebuah smartphone. Fungsinya mirip sebagai hdd di sebuah komputer. Sebagai tempat penyimpanan, data yang ada di memory internal dapat dibaca, ditulis, dipindahkan, atau dihapus.
  • Memori Eksternal: Ialah istilah yang mengacu pada smartphone yang memiliki slot penyimpanan tambahan. Pada smartphone saat ini untuk menambahkan Memori Eksternal membutuhkan slot berupa tray.

5. Kamera

Kamera merupakan komponen utama HP. Tanpa adanya kamera dijaman sekarang, terasa kurang sempurna dan seperti HP jadul dulu. Kamera berfungsi untuk mengambil gambar. Jenis kamera pada HP ada berbagai macam, dan memiliki spesifikasi yang berbeda-beda, ada yang bagus dan juga sedang, itu semua bisa dilihat dari hasil piksel file gambar. Berikut adalah jenis kamera pada HP:
  • Notch Poni Lebar: Merupakan desain kamera depan smartphone pada tahun 2018 yang di populerkan oleh Iphone X. Dimana banyak vendor smartphone yang menggunakan Notch Poni Lebar ini. Seperti halnya Asus Zenfone Max Pro M2
  • Water Drop/ Dew Drop/ Tear Drop: Water Drop/ Dew Drop/ Tear Drop sebenarnya adalah pengembangan dari Notch yang dikembangkan oleh pengembang kamera. Perbedaan Water Drop/ Dew Drop/ Tear Drop ini lebih ramping dari pada Notch yang tadi. Vendor smartphone yang menggunakan kamera jenis ini adalah Oppo F9 Pro, Vivo 11 Pro, Realme 2 Pro, dan lain sebagainya.
  • Pop Up/ Slider Camera: Meskipun Water Drop/ Dew Drop/ Tear Drop sudah dibuat sedemikian kecil, para pegembang kamera masih merasa belum puas dengan itu. Maka mereka pun memperkenalkan Pop Up/ Slider Camera. Kamera depan Pop Up/ Slider Camera disembunyikan dibagian kiri atas smartphone. Vendor smartphone yang menggunakan kamera jenis ini adalah Oppo Find X, Oppo F11 Pro, Realme X, Vivo V15 Pro, dan lain sebagainya.
  • Punch Hole Camera: Merupakan kamera depan yang bentuknya seperti lubang. Punch Hole Camera merupakan alternatif buat pengguna smartphone yang menginginkan pengalaman full display tanpa perlu menggunakan Pop Up/ Slider Camera yang rentan akan kerusakan. Vendor smartphone yang menggunakan kamera jenis ini adalah Vivo Z1 Pro Dan Lain Sebagainya.

Penutup

Begitulah Hasil penjelasan singkat saya mengenai komponen dalam smartphone ini, sebagaimana tugas kampus saya dari Pak Roberto Kaban. Lebih kurang nya saya mohon maaf. 

Posting Komentar untuk "Mengenal Macam Nama Komponen Penting Pada Smartphone"