Cara Memperbaiki Speaker HP Tidak Keluar Suara Dering

Cara Memperbaiki Speaker HP Tidak Keluar Suara Dering


Hp saya tidak keluar suara dering ketika ada telpon, Apakah speaker Hp saya rusak?.

Satu masalah yang menyebalkan pada Hp yaitu tidak keluar suara. Jika speaker Hp tidak berfungsi, maka jelas itu akan berpengaruh pada fitur suara seperti dering panggilan dan notifikasi dari berbagai macam aplikasi pada Hp Android. Semua yang berkaitan dengan suara, pasti ikut tidak berfungsi. apalagi jika kamu biasanya hobi mendengarkan musik di Hp. Gimana perasaanmu?.

Yang perlu kamu ketahui, bahwa HP Android dan iOS memiliki Dual speaker yakni Speaker Media dengan ciri-ciri bunyi yang terasa keras, trible dan bass bisa disetting, biasanya untuk mendengarkan musik, nada dering panggilan dan suara pemberitahuan atau notifikasi, yang satunya lagi Speaker Telpon yang berfungsi untuk berkomunikasi ketika kita melakukan panggilan (tanpa Loss Speaker) serta letaknya di bagian atas HP, berdekatan dengan kamera.

Penyebab HP Tidak Mengeluarkan Suara

Ada dua faktor penyebab HP tidak keluar suara, yakni pertama karena masalah sistem dan kedua karena komponennya rusak. Dan berikut penyebab HP tidak keluar suara :

#Kerusakan sistem
  1. HP pernah di-Root
  2. Flashing menggunakan Stock ROM yang bukan Official
  3. Menggunakan Custom ROM yang banyak bug-nya
  4. Gagal Update Sistem
  5. Terkena Mailware yang membuat beberapa Sistem Corupt atau terhapus.

#Kerusakan komponen
  1. Komponen Speaker telpon rusak
  2. Komponen Speaker musik rusak
  3. HP konslet setelah menancapkan ke-Speaker Aktif ,ini yang sering terjadi!.

Cara Memperbaiki HP Tidak Keluar Suara

Bagaimana cara memperbaikinya speaker Hp yang tidak berfungsi sama sekali?. Berikut bisa kamu ikuti beberapa metode cepat memperbaiki Hp yang tidak keluar suara.


Metode EngeneerMode

Trik cepat untuk menganalisa berbagai kerusakan Hardware HP termasuk suara audio yaitu dengan metode EngeneerMode. Selain mengetahui fungsi audio rusak, metode ini juga bisa kamu lakukan untuk mengecek berbagai kerusakan hardware Smartphone secara lengkap, seperti tes touchsreen, lcd, kamera, sensor, mic, wifi, bluetooth, speaker audio dan lainnya.

Metode Engineering Mode sudah saya terapkan dari dulu ketika saya ingin COD membeli HP bekas. Cukup dengan tes satu-persatu semua fitur didalam Engineering Mode, maka saya lebih mudah mengetahui semua fungsi HP tersebut normal semuanya atau tidak.

Nah, pertanyaannya, bagaimana cara masuk opsi Engineering Mode pada HP Android?. Engineering Mode mudah diakses dengan cara melakukan panggilan telpon atau dial pad. Namun masalahnya kode dial panggilan untuk mengaksesnya berbeda-beda, tergantung merek HP yang sobat gunakan. Berikut ini kode dial Engineering Mode diberbagai merek HP Android :

Merek HPKode Dial
Oppo*#800# dan *#808#
Realme*#800#
Xiaomi*#*#64663#*#*
Samsung*#0*#
Vivo*558# dan *#*#4838#*#*
Sony*#*#7378423*#*#
HTC*#*#3424#*#*
Meizu*#*#3646633#*#*
Huawei*#*#2846579#*#*

Dial pad masuk Engineer Mode diatas diatas bila tidak bisa diakses, maka coba gunakan cara lainnya yaitu dengan mendownload aplikasi pihak ketiga di Playstore bernama MTK Engineering Mode, dengan catatan HP anda menggunakan Chipset Mediatek.

Nah, kembali ketopik awal, cara menganalisa kerusakan suara pada HP Android dengan metode Engineering Mode. Berikut langkah-langkahnya, disini saya menggunakan HP merek Oppo F3:

  • Pergi kemenu pengaturan->cari menu tentang ponsel->klik 5X 'nomor bentukan'(sampai muncul tulisan, mode pengembang diaktifkan).
  • Kembali ke awal pengaturan, Cari 'Opsi Pengembang'->aktifkan 'Mode Pengembang'.
  • Kembali ke menu awal, mengetik dial pad panggilan *#800# (for Oppo), otomatis masuk ke Menu EngineerMode.
  • Masuk ke 'Harware Testing'->pilih 'Audio' , silahkan tes dan atur sendiri sesuai kebutuhan, selesai.

Catatan: Hati-hati ketika mengatur Engineering Mode, saya tidak merekomendasikan mengatur opsi lain yang tidak berhubungan dengan kerusakn HP anda.

 

Metode Hard Reset Dan Reset Pabrik

Memperbaiki suara yang tidak keluar dengan metode Hard Reset atau kembali ke pengaturan pabrik merupakan trik paling jitu dan terbukti. Namun, resiko ini menyebabkan semua data yang tersimpan di memori internal akan terhapus permanen. Jadi, sebelum opsi hard reset ini dilakukan, Backup dulu data penting dimemori internal ke memori eksternal.

Cara Melakukan Hard Reset

Pada HP Android, Hard Reset dilakukan dengan cara masuk dulu kemenu 'Recovery Mode'. Untuk mengakses menu Recovery mode bisa mengikuti tahap berikut ini:
- Matikan HP
- Tekan dan tahan tombol Vol Down + Power ON/OFF secara bersamaan hingga muncul logo.
- Lepas semua tombol, otomatis akan masuk Recovery Mode. Jika gagal lakukan berulang kali sampai done.
- Setelah masuk Recovery Mode, Pilih Wipe Data Factory Reset dengan menekan tombol ON/OFF.

Cara melakukan Reset Pabrik

Berbeda dengan Hard Reset, lebih mudah melakukan Reset Pabrik, namun fungsinya sama saja, yaitu mengehapus semua data dan mengembalikan pengaturan pabrik pada HP. Berikut langkah-langkah Reset Pabrik:
- Masuk ke 'Menu Pengaturan',
- Cari 'Setelan Tambahan',
- Pilih Opsi 'Buat Cadangan dan Reset',
- Selanjutnya, pilih 'Kembali kepengaturan pabrik', klik Yes untuk konfirmasi.


Metode Flashing Software

Tahap ini bisa dilakukan dengan Laptop/PC. Flashing ulang software HP membutuhkan alat tambahan seperti Kabel USB dan bahan pendukung lainnya seperti Frimware atau Stok ROM, Driver, Tools Flashing "Gunakan ODIN Flash Tool Untuk Merek HP Samsung!". Setelah alat dan bahan sudah lengkap maka kamu bisa melakukan metode Flashing HP ini.

Baca Juga : 9 Macam Tools Flashing Android

Catatan: Metode Flashing membuat HP bisa kembali normal seperti sedia kala, namun resiko jika gagal, akan menyebabkan HP bertambah parah, seperti bootloop dan mati total, jadi pertimbangkan terlebih dulu.


Metode Ganti Komponen Speaker

Yang perlu kalian garis bawahi, Jika speaker suara gembret, berfungsi tapi bunyinya kecil banget maka sudah dipastikan kerusakan komponen, speaker harus diganti dengan yang baru. Apabila sudah melakukan cara diatas, tapi HP masih tidak keluar suara, maka sudah dipastikan kerusakan itu bukan dari sistem melainkan disebabkan karena adanya komponen yang rusak atau jalur yang putus, ini termasuk golongan dari kerusakan hardware.

Tips terakhir yang harus dilakukan yaitu dengan mengganti komponen. Komponen yang harus kita ganti yaitu speaker audio, letaknya berada didalam HP, jadi diperlukan membongkar kasingnya. Komponen speaker ini ada dua, yaitu speaker telpon dan speaker media atau musik, tentukan dulu kerusakannya ya?. Namun, sebelum menggantinya kalian perlu mengecek apakah komponen speaker itu masih berfungsi atau tidak, jika masih berfungsi maka cek jalur antara konektor dengan PCB.

Baca Juga : Mengenal Nama-nama Komponen Penting Pada Smartphone


Penutup

Intinya jika speaker rusak karena sistem, maka bisa diatasi dengan melakukan hard reset, reset pabrik, dan yang paling mutahir yaitu dengan melakukan penginstalan ulang software atau kata lain dari Flashing. Namun, apabila kerusakan itu karena komponen yang rusak, maka bisa dicoba dengan mengganti speaker dengan yang baru. Berikut kisaran harga komponen dan jasa pernbaikan HP tidak keluar suara

KomponenHarga
Speaker AudioRp.50,000
Jasa PerbaikanRp.150,000

Nah, mungkin itu yang bisa saya bagikan kali ini, jika ada pertanyaan seputar kerusakan HP lainnya, bisa langsung komentar dibawah, terimakasih.

0 Komentar