Penyebab Hp Cepat Panas Meski Tidak Digunakan

Penyebab Hp Cepat Panas Meski Tidak Digunakan


Kamu pasti pernah mengalami Hp cepat panas ketika digunakan. Hp seperti terbakar ketika kamu memegangnya. Hal seperti memang wajar. Penggunaan Hp yang dipakai terus-menerus membuat Hp akan bekerja secara maksimal. Jika kamu adalah seorang gamers, maka sudah tidak heran lagi kalau Hp yang sering dibuat ngegame berjam-jam akan semakin panas, apalagi main gamenya sambil dicas, "ya pasti auto hot dog!".

Namun, masalahnya disini Hp mudah sekali panas saat tidak digunakan, apalagi bermain sambil ngecas. Dan mesikpun Hp dalam kondisi redup atau sleep, tetap saja panas. Itu akan membuat kamu panik dan bingung "ini hp gua kenapa sih kok panas banget?".

Kamu perlu mencari tahu awal permasalahannya, jika memang sebelumnya Hp kamu pernah diservis, habis terkena air atau mungkin pernah ganti baterai, itu bisa jadi masalah Hp kamu mudah panas karena dari salah satu hal tersebut.

Memperbaiki HP Cepat Panas

Well, apa solusi pertama mengatasi Hp cepat panas hingga sampai overheat(panas berlebihan yang tidak wajar)?. Nah, disini kamu bisa lakukan beberapa tips memperbaiki Hp yang mudah panas saat tidak digunakan pada langkah-langkah berikut ini :

1. Hapus File Cache

Langkah pertama yaitu dengan membersihkan file cache / sampah yang menumpuk pada file manager. File cache akan terus muncul jika kamu tidak membuangnya. Jika sudah banyak file sampah, maka otomatis jelas memori penyimpanan Hp kamu akan penuh. Itu bisa jadi penyebab Hp kamu panas karena memori tidak memiliki ruang penyimpanan, berat saat menjalankan aplikasi, sehingga menjadikan Hp kamu panas ketika dipakai.  Jika kesulitan mencari file sampah/cache satu-persatu, kamu bisa menggunakan bantuan dari aplikasi clean for Android pihak ketiga seperti One Booster di Google Playstore. Gunakan Aplikasi ini setiap hari agar Hp kamu selalu bersih dan memori internal serta penyimpan RAM lega.

2. Factory Reset

Langkah kedua ini bisa jadi solusi alternatif untuk mengatasi Hp yang cepat panas. Namun beresiko hilangnya semua data didalam penyimpan telepon. Untuk berjaga-jaga maka sebelum melakukan factory reset, kamu pindahkan dulu semua data yang penting ke memori eksternal, laptop, OTG atau Flashdisk. Trik ini mudah dan ampuh untuk mengembalikan Hp menjadi normal kembali seperti baru beli. Caranya: Buka menu pengaturan->cari setelan tambahan->reset pabrik(factory reset).

3. Update OS Flashing Ulang

Tahap Flashing atau Update OS(Sistem Operasi) ini harus kamu lakukan jika ditahap kedua tidak berhasil. Hp masih tetap saja panas setelah melakukan reset ulang pabrik. Untuk melakukan flashing Hp pada Android membutuhkan beberapa macam alat dan bahan yang wajib dipersiapkan
  • Alat : PC / Laptop Windows 7 atau bisa lebih, Kabel data bagus
  • Bahan : Download Driver, Tool Flashing dan Frimware/Stok ROM terbaru sesuai Tipe Hp Kamu (Cari digoogle banyak kok!).

Note: Maaf ya, karena dalam tahap ini beresiko besar, maka saya sepenuhnya tidak bertanggung jawab dalam proses flashing Hp kamu, Trims.

4. Ganti Bateri

Ditahap ini coba ganti baterai Hp kamu dengan yang baru. Hp yang Panas bisa disebabkan karena baterai mulai usang atau sudah waktunya diganti. "Khusus untuk Baterai tanam (Non-Removable) wajib bongkar Hp!". dan Menggantu baterai menjadi solusi pertama kali, apabila kamu enggan untuk melakukan cara 1,2 dan 3. Karena belum tentu Hp panas disebabkan oleh Software. Part atau Hardware juga perlu kamu perhatikan. Kasus seperti ini, memang sering terjadi dan perlu dianalisa lebih dalam. Itulah sebabnya kamu perlu mengingat dan mencari dulu kejadian awalnya Hp kamu menjadi panas karena apa?, Hp pernah terkena air kah, habis jatuh, atau mungkin setelah diservis Hp kamu malah jadi panas?. Jika sebelumnya baterai kamu boros banget, Hp dicas sambil digunakan. Maka sudah dipastikan baterai yang bermasalah. Lakukan perbagantian baterai original agar awet dan Hp kamu bisa normal kembali serta tidak panas lagi.


5. Komponen Rusak

Semua barang elektronik terdapat banyak komponen didalamnya. Khususnya pada perangkat seluler yang pastinya memiliki berbagai jenis komponen penting. Kerusakan hp yang disebabkan oleh komponen merupakan golongan Hardware yang mengharuskan untuk membongkar Hp dan menganalisanya. Hp yang cepat panas kemungkinan disebabkan oleh kerusakan salah satu komponen penting yang menghambat arus daya menjadi tidak normal. Kamu harus berhati-hati dalam menganalisanya. Perlu diingat, kamu wajib memiliki keahlian dibidang ini, karena jika salah memperbaikinya, maka bisa membuat Hp kamu bisa fatal alias mati total. Biasanya pertama yang saya lakukan untuk kasus seperti ini yaitu dengan mencari komponen yang short dengan bantuan Alat Servis seperti power supply dan AVO meter. Anda perlu mencari referensi lebih dalam lagi seperti menonton video youtube atau jika tidak ingin repot-repot, gunakan jasa orang lain yang sudah ahli dibidangnya.

Penutup

Itulah sedikit Tips yang saya bagikan dalam memperbaiki Hp cepat panas secara tiba-tiba meskipun jarang dipakai. Semoga artikel ini bisa membantu teman-teman, Googluck!.

0 Komentar