Cara Mengatasi Notifikasi Tidak Muncul Di HP Android

Notifikasi adalah pesan pemberitahuan yang muncul secara otomatis di HP Android untuk memberikan pengingat, komunikasi, informasi dari aplikasi dan sistem dengan tepat waktu. Pengguna bisa membuka notifikasi dengan mengetuk dan melakukan tindakan secara langsung dari tampilan yang muncul untuk membuka secara detail isi informasi dari pemberitahuan aplikasi tersebut.
Cara Mengatasi Notifikasi Tidak Muncul di HP

Notifikasi akan muncul secara otomatis jika ada pesan dan informasi yang masuk. Berikut adalah tanda bahwa ada notifikasi masuk:
  • Biasanya diawali dengan nada dering maupun getaran, namun terkadang ada yang mengatur notifikasi tanpa ada tanda sama sekali yakni dengan mengatur ke mode silent(Diam),
  • Pada posisi HP redup(Sleep), notifikasi akan muncul bersamaan dengan led yang berkepip-kedip(Ini hanya berlaku pada HP merk terntu yang memilik led notifikasi),
  • Pada saat HP terkunci, kita biasa melihat tanda icon pesan informasi saat ingin membukanya,
  • Notifikasi juga akan muncul pada bagian stutus bar sebagai ikon, dan ketika menggesernya kebawah, kita akan mengetahui isinya secara detail.

Pada HP, notifikasi sangatlah penting, sebab kita tidak selalu menggunakan HP, suara pemberitahuan itu akan terdengar dan bergetar meski HP itu berada disaku. Tapi masalahnya, ada kasus HP yang tidak muncul notifikasi. Masalah seperti ini sudah sering saya temui, dan untuk mengatasinya sebenarnya cukup mudah.

Solusi Cepat : Perbaiki notifikasi HP yang tidak muncul yaitu dengan mengecek jaringan internet, Pengaturan APN, Restart HP.

Cara Memperbaiki Notifikasi Tidak Muncul

Tidak ada notifikasi Android yang muncul di ponsel Anda? Coba perbaiki masalah ini dengan cermat.

Ada beberapa cara yang terbukti sukses untuk mengembalikan notifikasi menjadikan normal lagi. Jika notifikasi Android tidak berfungsi, maka berikut adalah beberapa cara perbaikan yang bisa kamu coba :

1. Menyalakan Ulang HP

Langkah pertama pemecahan masalah mengapa tidak ada notifikasi yang masuk di HP yaitu adalah dengan memastikan bahwa itu bukan masalah sistem. Nah, Untuk menyegarkan sistem agar normal yaitu dengan me-reboot HP. Menyalakan ulang HP dapat mengakhiri semua proses atau layanan latar belakang yang memungkinkan menghalangi kemampuan notifikasi aplikasi.

Trik ini juga akan menyegarkan kinerja RAM serta komponen inti pada HP Anda, jika sebelumnya HP lemot atau lag selama menggukannya.

Untuk me-reboot HP Anda, tekan dan tahan tombol ON/OFF lalu pilih opsi mulai ulang.

2. Periksa Pengaturan Notifikasi Sistem

Kedua, yaitu dengan memastikan bahwa semua pengaturan Notifikasi sistem telah terkonfigurasi dengan benar. Kalau belum, maka ini yang bisa jadi masalah, notifikasi pada aplikasi di atur secara default.

Berikut adalah beberapa hal yang perlu Anda periksa dan pastikan bahwa pengaturan pemberitahuan sistem dikonfigurasi dengan benar:

  • Buka Pengaturan.
  • Pilih Aplikasi (Notifikasi) lalu pilih Notifikasi.
  • Aktifkan semua notifikasi.
  • Sekarang, kembali ke Pengaturan dan buka pengaturan Suara.
  • Pastikan suara notifikasi disetel dengan benar

Untuk beberapa OEM, navigasikan ke Settings > Display > Notch & status bar. Setelah itu, aktifkan opsi "Tampilkan ikon untuk menerima pemberitahuan masuk".


3. Matikan Mode Hemat Daya Dan Jangan Ganggu

Banyak yang masih bingung cara mengatasi notifikasi tidak muncul. Di HP Android ada fitur bernama Mode Hemat Daya. Satu lagi, yang dapat menghambat aplikasi tidak berjalan secara normal, yakni mode Jangan Ganggu. Duan mode tersebut merupakan biang keladi dari permasalahan anda yang bikin HP anda tidak menerima notifikasi sama sekali. 

Fungsi Hemat daya ini digunakan ketika HP dalam kondisi kritis, dimana daya baterai kurang dari 10%, dan HP masih dibutuhkan dalam waktu lama. Mengaktifkan fitur ini akan membuat Baterai lebih awet, namun akan terpengaruh terhadap beberapa kinerja dan fitur aplikasi yang lain, seperti data seluler mati, cahaya layar kecil serta menghambat aplikasi menerima notifikasi. Itu sebabnya Notifikasi HP tidak mau muncul, karena mode hemat daya aktif.

4. Menginstal Ulang Aplikasi

Ada trik yang lebih akurat,  jika masalah notifikasi pada aplikasi tidak muncul. Dengan cukup menginstal ulang atau update pembaruan aplikasi, maka tuntas sudah masalahmu. Tapi pastikan dulu apakah cuma satu aplikasi saja notifikasi pada aplikasi-nya tidak mau muncul?. Jika iya, coba uninstal dan instal lagi melalui playstore. Ketika hendak memasang aplikasinya lagi, pastikan juga untuk memberikan izin akses Data dan notifikasi agar tidak bermasalah lagi di kemudian hari.

5. Hapus Cache Aplikasi

Menghapus file yang tidak diperlukan seperti file cache atau sampah, dapat mempengaruhi kinerja HP, selain itu juga bisa membuat aplikasi tidak bekerja secara semestinya, dan itu jadi penyebab notifikasi tidak muncul ketika ada informasi dan pemberitahuan pesan masuk. Nah, menghapus partisi cache atau file sampah selain bikin HP menjadi ringan, tidak mudah lemot, juga berguna untuk mengoptimalkan aplikasi dan fitur-fitur lainnya. 

6. Reset Pabrik

Solusi akhir, jika semua cara diatas sudah kamu lakukan, tapi masalah notifikasi HP tetap saja tidak muncul yaitu dengan metode RESET Pabrik. Mereset ulang HP akan beresiko kehilangan semua data, kontak serta aktifitas lain yang tersimpan di memori telepon. Jadi sebelum melakukan metode Reset Pabrik sebaiknya backup dulu, agar semua data kamu aman.

Mereset ulang HP atau kembali kepengaturan pabrik bisa jadi solusi paling jitu untuk mengatasi semua masalah kerusakan sistem seperti aplikasi error, lemot, dan juga memperbaiki notifikasi yang gak mau muncul.

Penutup

Itulah tips dalam mengatasi notifikasi yang tidak mucul pada aplikasi Android. Sedikit tips namun sangat bermanfaat. Coba praktekkan kalau masalah itu muncul kembali dikemudian hari. Semoga bisa membantu, Good Luck!.

0 Komentar