Cara Bermain PS1 Di Android Menggunakan Emulator ePSXe

Cara Bermain PS1 Di Android
PS1 adalah game konsol yang dikembangkan oleh Sony pada seri pertama. PS1 menjadi game populer di era 90-an, dan menjadi salah satu game legenda yang saat ini masih cukup banyak peminatnya.

Bagi penggemar game PS1 pasti mengetahui betapa asiknya main ini, apalagi pas lagi memainkan game favoritnya, seperti Crass Bandicoot, Resident Evil, Tekken, Mortal Kombat, Harvestmoon, Dino Crisis dan masih banyak game lainnya yang tidak kalah seru.

Ingin main PS1 lagi, tapi masalahnya sekarang sudah sulit dan langka mendapatkan PS1. Sebab PS1 saat ini sudah tidak lagi diproduksi oleh sony, Namun Sony terus menciptakan dan memperbarui PlayStation menjadi game konsol yang mengusung grafik HD dan tentunya lebih modern seperti PS yang baru-baru ini Sony telah merilis PS5.

PS1 dan PS5 memiliki perbandingan yang jauh berbeda, dimana Playstation 5 memiliki spesifikasi yang lebih unggul dibanding seri terdahulunya. Namun, menurut penilaian pecinta game yang lahir ditahun 90-an, PS1 walaupun game jadul, namun tetap saja lebih seru, karena ketika kita memainkan PS1 di zaman sekarang, maka kita akan dibawa kesuasana nostalgia lagi seperti kembali waktu masih bocah SD.

Nah, bagi kamu yang kangen dengan PS1, tidak perlu bersedih hati. Kabar baiknya, PS1 bisa dimainkan di HP Android loh!. Kamu bisa bermain PS1 meski dengan HP kentang yang speknya kecil dengan minimal berbekal kapasitas RAM 1 GB saja sudah pasti mampu.

Selain itu, bermain PS1 di HP lebih praktis karena tidak harus memerlukan perlengkapan lainnya seperti membeli PS dulu, menyiapkan Stick, kabel dan tanpa menyambungkan ke layar Televisi.

Penasaran bagaimana cara memainkan PS1 di HP Android!. Nah, berikut alat, bahan persiapan serta tutorial termudah bermain PS1 di HP Android dengan RAM 1GB.


Cara Bermain PS1 Di HP

Untuk bisa memainkan PS1 di Android, maka kamu cuma butuh beberapa perlengkapan yang harus didownload melalui PlayStore dan Google.

Perlengkapan :

  • Dowload Aplikasi emulator dan bios apk khusus PS1, seperti ePSXe(Recomended), FPSe atau ClassicBoy pilih salah satu saja (Cari digoogle atau Playstore),
  • Download File ROM ISO PS1 yang diinginkan, contohnya; CrossBandicoot.Bin dengan ukuran 500mb (cari game sesuai selera di google)
  • Dan pastinya sudah memiliki HP Android dengan minimal RAM 1 GB.
Setelah semua bahan-bahannya sudah selesai didownload, selanjutnya menuju ke-langkah pemasangan. Nah, berikut cara menginstal ePSXe + bios beserta cara setting dan memasukkan file game ROM PS1 di HP.

Cara Memasang Emulator ePSXE + Bios

Cara memasang emulator ePSXe beserta bios-nya cukup mudah banget, gak ribet, dan gak harus me-root. Tahap pemasangan untuk HP Android bisa dilakukan seperti menginstal aplikasi pada umumnya. Saya menyarankan kamu mendownload ePSXe melalui playstore. Namun, bila kamu lebih suka ePSXe yang Mod atau yang full version, maka kamu bisa mendownloadnya dengan mencari di google dengan memasukkan kata kunci "emulator ePSXe + Bios mod apk for Android".

Langkah-langkah :

  • Download dan instal ePSXe + BIOS,
  • Siapkan juga File ROM game PS1(sebagai contoh saya telah menyiapkan ROM Harvest moon - Back to Nature.bin),
  • Jalankan emulator ePSXe, selanjutnya pilih Run BIOS,
  • Setelah itu, tunggu hingga proses BIOS selesai konfigurasi,

  • Close Bios, terus buka Pengelola file, cari hasil download ROM tadi, Copy

  • Pindahkan kedua file game tersebut ke dalam folder epsxe>isos,

  • Jika sudah, buka kembali Bios ePSXE, terus pilih opsi Preference, Pilih Video Prrferences, dan setting menjadi OpenGL Plugin (Smoother),
  • Setelah selesai mengatur Video grafis, kembali ke menu utama Bios, terus pilih Run Game, Secara otomatis akan mencari file ROM PS1 yang telah kamu siapkan di dalam penyimpanan tadi

  • Selesai, game Harvest Moon PS1 sudah siap untuk dimainkan di HP Android dengan kualitas grafis HD.
Dalam memuat ROM ISO game PS1 pastikan file tersebut berekstensi *BIN atau *ISO, jika hasil download ROM masih berekstensi 7z, rar, atau zip, maka ekstrak dan simpan diluar folder penyimpanan dulu agar ePSXe dapat membacanya dengan mudah.

Penutup

Sekarang kamu bisa nostalgia main game PS1 menggunakan emulator Android tanpa ada kendala lain. Jika kamu ingin PS1 seperti pada umunya, maka gunakan joystick untuk mendapatkan suasana yang seru dan asik, Selamat bermain!.

0 Komentar