Cara Memperbaiki Layar HP Berkedip Sendiri

Layar HP Berkedip Sendiri

Masalah layar HP yang sering berkedip-kedip saat digunakan bisa disebakan oleh banyak hal. Kebanyakan kerusakan seperti itu mudah diperbaiki, tetapi terkadang membutuhkan perbaikan hardware hingga penggantian part seperti LCD/Touchscreen dan komponen.

Pada artikel ini saya akan memecahkan masalah dan cara memperbaiki layar yang sering berkedip-kedip sendiri di HP Android.

Penyebab Layar Berkedip di HP Android

Penyebab layar HP yang sering berkedip-kedip sendiri umumnya bisa disebabkan karena ada kerusakan sistem atau error. Selain masalah sistem, kerusakan fisik HP pun juga bisa menjadi biang keladinya, seperti misalnya:

  • Kermasukan air
  • Habis terjatuh
  • Pengisian daya baterai atau masalah pada kabel cas

Lantas, bagaimana cara mengatasi Layar HP yang sering Berkedip?

Baca Juga : 4 Cara Memperbaiki LCD HP Rusak

Cara Memperbaiki Layar HP Berkedip

Jika Anda sudah mengetahui penyebab awal terjadinya masalah layar berkedip itu muncul, maka sangat mudah untuk menentukan perbaikan pertama. Akan tetapi, jika belum tahu awal mulanya dan masih ragu-ragu. Maka langkah pertama solusi mengatasi layar HP Android yang sering berkedip-kedip sendiri yaitu dengan melakukan perbaikan dengan step-by-step berikut ini:

1. Restart HP Android Anda

Seringkali cara paling tepat dalam memecahkan beberapa kasus masalah pada HP Android adalah dengan memulai ulang HP. Kinerja HP yang berat akan kembali ringan dan kemungkinan besar layar HP yang semula berkedip sendiri kembali normal. Jika langkah pertama ini belum juga terselesaikan maka lanjut kelangkah kedua.

2. Memerbarui OS HP Android Anda

Periksa pembaruan OS atau perangkat lunak. Terkadang melakukan pembaruan OS bisa memperbaiki masalah atau bug yang membuat layar HP berkedip. Perusahaan akan mengeluarkan update-an terbaru untuk memperbai sistem supaya bug-bug yang mengganggu tidak muncul lagi.

3. Perbarui aplikasi di Android Anda

Apakah layar hanya berkedip di aplikasi tertentu? Lihat apakah perlu pembaruan. Dan saat Anda melakukannya, pastikan semua aplikasi Anda yang lain diperbarui.

4. Periksa pengaturan kecerahan

Buka Pengaturan > Tampilan > Kecerahan adaptif dan matikan. Layar berkedip sendiri mungkin dikarenakan oleh pengaturan yang berinteraksi dengan situasi pencahayaan.

5. Nonaktifkan aplikasi blue light filter

Aplikasi ini dapat membantu mengatasi ketegangan mata dan bahkan membantu mata Anda menatap layar HP, tetapi juga bisa menjadi penyebab gangguan layar HP Anda.

6. Bersihkan cache HP Android Anda

Menghapus cache dapat menyelesaikan banyak masalah, termasuk masalah tampilan.

7. Matikan opsi Pengembang

Buka Pengaturan > Sistem > Opsi pengembang dan matikan. Opsi pengembang biasanya digunakan untuk mengoprek Sistem atau membuka segel HP. Pengguna yang awam soal mengatur mode pengembang serta salah dalam mengoprek sistem, maka sudah dipastikan bahwa ada salah satu sistem yang mengalami kerusakan atau corupt yang membuat Layar HP bug; berkedip tiba-tiba. Nonaktifkan opsi ini, jika masih saja sama, coba lanjut ke tahap berikutnya.

8. Jalankan Android dalam Safe Mode

Mulai ulang HP Android dan jalankan safe mode. Jika layar masih saja berkedip, kemungkinan HP anda mengalami kerusakan fisik.

9. Periksa kerusakan fisik HP Anda

Hubungi gerai tempat Anda membeli HP, atau klaim garansi. Sebelum terlambat, dan tidak mau ambil pusing, coba klaim garansi HP anda. Namun bila HP anda tidak bergaransi, atau membeli COD kepada orang, maka lakukan tahap perbaikan maksimal.

10. Coba reset pabrik

Jika Anda tidak melihat kerusakan pada fisik seperti layar LCD retak atau pecah, maka tips paling jitu yaitu dengan melakukan riset pabrik, hard reset atau flashing ulang HP Android sesua tipe menggunakan PC/Laptop.

11. Pergi ke pak servis HP

Gak bisa servis HP sendiri, dan gak mau ambil resiko besar yang bisa membuat HP semakin parah, maka gunakan jasa para teknisi yang sudah ahli dibidang perbaikan HP.

FAQ

Bagaimana cara memperbaiki layar hitam di Android saya?

Untuk memperbaiki layar hitam atau tompel di Android, coba paksa restart HP. Jika tidak berhasil, lepas baterai, bersihkan port dan konektor, tunggu hingga baterai benar-benar mati, lalu isi ulang baterai HP dan nyalakan kembali setelah terisi penuh.

Apa yang harus dilakukan jika HP Android masuk ke dalam air?

Untuk mencegah kerusakan air pada Android, matikan HP, lepaskan casing dan baterai, lalu biarkan 48 jam sampai kering, jemur HP dibawah sinar matahari selam 2-3 jam.

Bagaimana cara memperbaiki layar Android saya yang retak?

Untuk retakan layar kecil atau tipis, lapisi dengan screenguard atau tempered glass apabilah layar sentuh masih berfungsi normal. Namun bila layar sentuh gak berfungsi atau error, maka Anda dapat mengganti layar sentuhnya. Minta bantuan kepada teknisi atau pergi ke service center.

Mengapa layar Android tidak bisa rotasi?

Opsi putar otomatis layar atau rotasi kemungkinan besar dimatikan atau tidak diaktifkan. Kerusakan hardware atau part LCD adalah penyebab yang paling kecil kemungkinannya, jadi coba restart atau perbarui HP Anda jika layar Anda tidak mau berputar otomatis.

Bagaimana cara agar layar tetap aktif di Android?

Buka Pengaturan  >  Tampilan untuk menyesuaikan waktu pengatur redup atau sleep. Anda juga dapat menggunakan aplikasi pihak ketiga, atau mengaktifkan fitur Always on Display untuk menampilkan informasi tertentu di layar HP bahkan saat dalam mode sleep.

0 Komentar