Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengatasi Layar Sentuh HP Rusak Sebagian

Cara Mengatasi Layar Sentuh HP Rusak Sebagian

Akhir-akhir ini HP saya mengalami error dibagian layar sentuh. Waktu lalu HP masih normal saja, namun kurun beberapa waktu sebagian layar tidak bisa disentuh sama sekali.

Layar sentuh atau bahasa inggrisnya "Touch Screen" ini berperan penting pada Smartphone di jaman sekarang. Semua HP Android maupun iOS memiliki ukuran full layar yang bisa dioperasikan dengan sentuhan tangan.

Touchscreen HP terbuat dari bahan kaca yang ditanami beberapa garis dan titik yang terhubung ke komponen tertentu untuk difungsikan hanya merespon kulit atau jari tangan saja.

Layar sentuh terletak dibagian terdapan setelah LCD, keduanya memiliki peran yang berbeda namun bekerja sama dalam satu keluarga.  

Namun, apa jadinya jika layar sentuh rusak?, tentu saja HP itu gak bisa dipakai.

Penyebab Layar Sentuh Rusak Sebagian

Ada beberapa penyebab yang membuat layar sentuh rusak sebagian. Dan berikut adalah yang umum terjadi :

  • Tertekan Benda: Layar sentuh HP akan rusak jika sebelumnya tertekan benda berat seperti keinjak, tertindih diwaktu tidur, disimpan dalam saku yang tertekan dengan benda lain.
  • Terjatuh: HP yang terjatuh dan terjadi benturan keras ketanah atau kelantai yang bisa membuat layar retak secara langsung. Ini biasanya layar sentuh dibagian retakan tiba-tiba tidak berfungsi, dan dibagian sisi lain kaca yang masih utuh layar sentuh masih bekerja secara normal.
  • Terkena Air: Ketika air masuk dibagian rongga atau lubang yang mengenai bagian komponen tertentu didalam HP, maka kemungkinan besar bisa menimbulkan korosi dan menimbulkan layar sentuh rusak sebagian.
  • Charger Bermasalah: Cas HP bisa menjadi penyebab touchsreen tidak berfungsi sebagian. Hal ini karena Charger yang digunakan tidak cocok atau kualitasnya jelek.
  • Konslet ringan: Sort atau konslet ringan dibagian komponen tertentu HP mungkin juga salah satu biang keladi yang jarang diketahui kita. Konslet ringan ini bisa membuat layar sentuh error dan rusak sebagian.

Cara Mengecek Layar Sentuh

Sebelum ketahap perbaikan, lebih baik Anda test kalibrasi dulu bagian layar sentuh yang tidak berfungsi. Ada beberapa metode untuk mengecek layar sentuh HP Android yaitu dengan metode kode dial dan menggunakan aplikasi.

Anda perlu masuk engineer mode dengan beberapa kode rahasia yang disediakan oleh bawaan HP itu sendiri.

Misal contoh, untuk cek Touchscreen HP Samsung Galaxy Anda bisa buka aplikasi telepon, terus pencet kode *#0#*, maka akan otomatis masuk ke halaman menu pengecekan. Selain layar sentuh, anda juga dapat mengecek beberapa fungsi hardware lainnya, misal mic, wifi, lcd, audio, dan lainnya.

Bagi yang tidak mau ribet dengan metode ini, Anda dapat mendownload aplikasi pengecekan kalibrasi touchscreen yang tersedia di Play Store secara gratis.


Cara Mengatasi Layar Sentuh Rusak Sebagian

Perlu digaris bawahi, tidak semua layar sentuh HP bisa diperbaiki apabila kondisi fisik layar maupun komponen lain terdapat beberapa hal seperti di bawah ini :

1. Layar Retak

Fisik layar adalah hal yang perlu diperhatikan sebelum melakukan yang lain.

Anda bisa melihat kondisi layar dengan merabanya. Jika Layar bagian depan HP Anda mengalami retakan halus, sedang atau parah, maka itu bisa mengakibatkan beberapa fungsi touchscreen tidak berfungsi sebagian.

Meski LCD anda masih muncul gambar dan kondisinya terlihat masih bagus, namun dibagian kaca depan merupakan komponen touchscreen.

Kaca dibagian retakan mengalami putus jalur, dan wajib untuk diganti dengan touchscreen yang baru.

2. Flexibel Putus

Flexibel merupakan penghubung atau tembaga kecil yang ditata rapi menyerupai silikon yang bisa di bengkokan dengan mudah dan praktis.

Jika flexible touchscreen sobek atau putus maka besar kemungkinan fungsi layar sentuh tidak bisa bekerja normal atau rusak sebagian.

Untuk mengatasinya Anda perlu menjumpernya. Anda perlu membaca skema jalur terlebih dahulu. Selain itu, Anda juga wajib membuka LCD dan body HP sebelum mengeksekusinya. 

3. Konektor Terlepas

Sering kali layar sentuh bermasalah dikarenakan konektor antara jalur flexible touchscreen ke Board HP yang terlepas, longgar atau kurang nancap.

Anda perlu merapatkan kembali bagian konektor tersebut. Selain itu, bersihkan juga kuningan jika dirasa kotor atau berkarat.

Lihat juga kondisi konektor kaki-kaki timah solder ada yang hilang dengan cara mensolder ulang atau memanasi dengan solder uap.

4. Komponen Rusak

Jika sebelumnya HP Anda terjebur air atau terjatuh. Dan apabila Anda sudah mencoba mengganti touchscreen yang baru namun hasilnya sama saja, maka bisa dipastikan ada kerusakan dibagian komponen tertentu.

Kebanyakan kasus touchscreen rusak diakibatkan oleh komponen kecil hingga komponen besar seperti resistor, dioda kapasitor hingga IC disekitar area konektor touchscreen.

Anda wajib membaca skema dan melakukan pengecekan dengan multitester secara berkala disetiap komponen tertentu untuk menemukan komponen mana yang rusak atau konslet.

Cara Mutahir Mengatasi Layar Sentuh Bermasalah

Ada yang bilang kalau Touchscreen Error atau rusak sebagian bisa diakibatkan oleh kerusakan software atau sistem. Hal ini tentu memang bisa terjadi, sebab semua fungsi Smartphone bisa bekerja dengan normal apabila Sistem dalam kondisi bagus, tidak pernah dioprek, diroot, dan tidak banyak memasang aplikasi.

Nah, dari sini kita menyadari, bahwa touchscreen rusak sebagian, error atau loncat dengan sendiri kemungkinan besar dikarenakan sistem mengalami corupt, atau rusak. Berikut langkah paling mutahir yang bisa Anda coba :

Reset Ulang

Sentuahan layar HP mengalami error bisa diperbaiki dengan melakukan reset ulang atau reset pabrik. Fungsi reset sendiri adalah proses pengembalian HP kepengaturan pabrik dimana semua data maupun aplikasi akan terhapus. Hal ini akan meringankan kembali penyimpanan Interanal dan RAM HP yang sebelum menumpuk dan mengakibatkan fungsi layar sentuh bermasalah. Berikut cara Reset Ulang HP :
  • Hidupkan HP Anda, terus cari Pengaturan.
  • Gulir ke bawah dan pilih opsi General Management.
  • Selanjutnya pilih menu Reset.
  • Terakhir, Untuk mulai prose penghapusan semua data Smartphone, Anda bisa memilih opsi Factory data reset.

Flash Ulang

Kerusakan software juga bisa menyebakan touchscreen HP tidak berfungsi sebagian. Bila dengan metode Reset tidak mempan, maka langkah selanjutnya untuk mengatasi yaitu dengan menginstal ulang Sistem Operasi atau sering dikenal dengan sebutan Flashing ulang. Berikut langkah-langkah Flash ulang HP Android.
  • Sebelum itu, pastikan baterai HP Anda sudah terisi minimal 80%/
  • Siapkan bahan yang dibutuhkan dulu seperti Tool flash yang support dengan HP Anda, kabel data original, dan tentunya PC atau laptop yang sudah terinstal Windows dan Driver.
  • Download Frimware sesuai dengan tipe HP yang Anda pakai, Anda bisa googling dengan kata kunci "Frimware_(Tipe HP Anda)".
  • Setelah semua bahannya siap, tinggal memulai proses Flashing dengan cara membuka Tool Flash terus masukkan file Frimware tadi, dan terakhir klik mulai.
  • Tunggu proses Flashing berjalan hingga selesai, beberapa saat HP Anda akan merestart dengan sendirinya pertanda Proses telah berhasil.

Jasa Service HP

Tips terkahir bila Anda sudah berusaha semaksimal mungkin melakukan perbaikan touchscreen yang rusak sebagian yaitu dengan memakai jasa tukang service HP. Anda bisa belajar lagi jika dikemudian hari terjadi masalah yang serupa entah HP Anda sendiri atau teman Anda.

Jasa Service HP untuk Pergantian LCD+Touchscreen dikenakan biaya Rp.200.000 hingga 1 jutaan tergantung merek HP dan kualitas LCD Touchscreen

Jasa Service HP untuk Perbaikan Komponen seperti ganti IC dikenakan biaya kurang lebih sekitar Rp.200.000 tergantung kerumitannya.

Posting Komentar untuk "Cara Mengatasi Layar Sentuh HP Rusak Sebagian"