Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengenal Sejarah Android Beserta Versinya

Mengenal Sejarah Android Beserta Versinya

Mari Membahas tentang Android secara lengkap. Pasti panjang dan lebar jika membahas semua tentang Sejarah Android mulai dari awal berdirinya dan urutan versinya. Apalagi tentang cara pembuatan aplikasinya. Tetapi saya akan merangkum pembahasannya secara ringkas dan jelas.

Nah, Bagi Anda yang ingin terjun kedunia Developer, alangkah baiknya kita belajar terlebih dulu tentang sejarah dan perkembengannya. Saya disini bukan untuk menggurui atau mengajari, tetapi kita sama-sama belajar. Siapa tahu anda kelak bisa merubah dan membuka jalan pikiranmu menjadi seorang developer terkenal.


Apa itu Android...

kita sekarang belajar mengenai Sejarah Android. Android secara sederhana dapat diartikan sebagai sebuah software yang digunakan pada perangkat mobile yang mencakup Sistem Operasi, middleware, dan Aplikasi kunci yang dirilis oleh Google. Jadi Android mencakup keseluruhan sebuah aplikasi baik itu Sistem Operasi maupun hingga pengembangan aplikasi itu sendiri.

Sekarang ini Android sudah mengambil alih pangsa pasar di seluruh dunia. Siapa yang tidak kenal Android, sangat mudah dan sangat sederhana hingga semua orang dapat mengaplikasikannya. Setelah mengalahkan pesaingnya sebelumnya yaitu OS Symbian milik BBM, sekarang Android menjadi nomor satu di dunia. Hampir seluruh pengguna gadget diseluruh dunia sekarang beralih ke Android, baik itu smartphone, jam tangan, televisi, bahkan hingga mesin cuci sekalipun. Kesuksesan Android ini tidak lain tidak bukan didukung oleh perusahaan multi raksasa yaitu Google.inc.

Siapa yang tidak kenal google, google membuat Android sangat disegani diseluruh lapisan masyarakat. Dari masyarakat kelas bawah hingga kelas teratas sekalipun menggunakan Android untuk kebutuhan mereka setiap. Android ini sangat kuat dan terus berkembang untuk kedepannya, dan kita harus belajar mengenai Android jika kita tidak ingin ketinggalan lebih jauh. Kita harus menjadi bagian dari generasi tersebut.

Saya pernah membaca quote yang sangat bagus oleh seseorang yang dapat berhasil melalui internet, yaitu

“Generasi ini (generasi internet) adalah generasi yang paling beruntung karena siapapun dapat menantang pemilik status quo (penguasa)”

Bagaimana tidak, dengan membuat aplikasi di Android ataupun sebuah website, maka seseorang akan menjadi milioner dengan sangat mudah, hanya diperlukan tekad, kerja keras serta kesabaran.

Apakah anda mau menjadi developer seperti mereka?. kalau saya pribadi mau banget lah!. Kalau begitu mari kita belajar bersama-sama mengenal Android.

Android sendiri memiliki logo yang unik yaitu bergambar robot yang berwarna hijau dengan dua antena dikepalanya, sangat khas dan orang sudah mengetahui bahwa itu merupakan logo Android jika orang tersebut melihatnya. Nah, sekarang kita masuk mengenai sejarah Android.


Pengertian Sejarah Android

Kita belajar mengenai sejarah Android, sebelum dibeli Google, Android merupakan perusahaan yang berdiri sendiri dengan nama Android.Inc yang berkedudukan di Palo Alto California pada bulan oktober 2003.

Android Inc ini didirikan oleh empat orang sahabat yaitu Andy Rubin, Rich Miner, Nick Sears, dan Chris White. Sebenarnya, tujuan awal pembuatan Android ini bukanlah untuk smartphone yang seperti kita kenal hingga sekarang ini, tetapi Android ditujukan untuk pembuatan Sistem Operasi untuk kamera digital. Tetapi mereka sadar, pangsa pasar kamera digital bukanlah pangsa pasar yang besar kemudian mereka mengalihkan untuk Sistem Operasi untuk smartphone untuk menantang raksasa Symbian dan Windows Phone pada kala itu.

Dengan diambil alihnya Android oleh Google di tanggal kemerdekaan RI yaitu 17 agustus 2005, maka sang David (Android) ini memiliki kepercayaan besar menantang sang Goliath (Symbian). dan para pendiri android masih tetap bekerja di perusahaan tersebut meskipun sudah beralih kepemilikan ke Google.

Tetapi bukan berarti di tahun 2005 Android langsung booming dan mengalahkan symbian, di tahun 2007 google baru mengumumkan bahwa mereka sedang mengembangkan aplikasi ponsel google dengan sistem operasi terbaru yang mereka namai Android. Kemudian di tahun 2008 Telepon seluler Android pertama telah di rilis bermerek HTC, dan kemudian versi Android diberi nama sesuai dengan nama makanan.


Daftar Versi Android

Awal kemunculan Android memakai versi Android Alpha hingga Android 10 dikenal dengan nama Quen Cake dan akan muncul versi terbarunya yaitu Android 11 atau bisa dikenal dengan sebutan nama Android R, itu yang terakhir di tahun 2021 sekarang, dan bakalan terus keluar versi atasnya lagi. Berikut adalah uruatan Versi OS Android mulai awal kemunculan hingga yang terakhir sekarang;

1. Android Alpha (Versi 1.0)

Versi Android 1.0 Alpha adalah yang pertama kali muncul. Rilis pada September 2008 Dan saat itu belum dirilis secara komersial. Versi Android ini sudah dilengkapi macam fitur dukungan seperti akses web browser, streaming, pemutar musik dan video, google map, dan sinkronisasi.

2. Android Beta (Versi 1.1)

Selang beberapa bulan kemudian, versi Android 1.1 Beta telah resmi mucul pada tanggal 9 Februari 2009. Persis seperti pendahulunya yaitu Alpha, Android ini juga belum dirilis secara komersial, cuma diperuntukan bagi satu perangkat. Update ini dilakukan untuk memperbaiki masalah dan juga meningkatkan beberapa fitur seperti lokasi di aplikasi maps.

3. Android Cupcake (Versi 1.5)

Setelah itu, pada tanggal 30 April 2009 Android versi android 1.5 bernama Cupcake akhirnya rilis secara komersial. Versi Cupcake adalah generasi yang pertamakali rilis secara komersial. Disinalah awal Android mulai memakai nama jenis makanan manis disetiap versi Android atasnya. Fitur Android Cupcake dikembangkan lagi seperti rotasi layar, widget, dan juga keyboardnya.

4. Android Donut (Versi 1.6)

Selanjutnya, Versi Android yang muncul yaitu versi 1.6 Donut yang rilis pada tanggal 15 September 2009.Pada versi Donut ini Android telah menambahkan fiturnya seperti persentase daya baterai, gestur, Alikasi Market untuk menambah aplikasi pihak ketiga yang bisa kita kenal dengan nama Play Store.

5. Android Eclair (Versi 2.0)

Sebulan kemudian, Android telah melakukan update untuk memperbaiki bugs dan fiturnya diperkaya lagi pada tanggal 26 Oktober 2009. Update Android versi 2.0 dinamai dengan Eclair. Pada versi 2.0 ini terdapat penambahan fitur seperti multi touch, wallpaper, dukungan browser untuk HTML5 dan perubahan tampilan antarmuka.

6. Android Froyo (Versi 2.2)

Tepat di tanggal 20 Mei 2010 Android telah meluncurkan versi anyarnya kembali yaitu versi 2.2 yang dinamai Froyo. Versi Froyo ini mulai dikenal luas oleh beberapa vendor ponsel. Update Android 2.2 membawakan fitur tambahan seperti resize image pada galeri dengan gestur tangan, meningkatkan fitur USB tethering dan WIFI hotspot dan juga animasi pada browser.

7. Android Gingerbread (Versi 2.3)

Untuk versi 2.3 ini tidak diragukan lagi, sebab pembaruan versi Android ini telah menjadi sistem operasi yang sudah mulai populer. Kerjasama dengan brand ternama Samsung pada Smartphone tipe Galaxy Series akan menambah kedudukan Android. Versi 2.3 diumumkan pada tanggal 6 Desember 2010 dengan menambahkan fitur unggulan seperti dukungan NFC, copy - paste dan juga dukungan beberapa sensor yang lain.

8. Android Honeycomb (Versi 3.0)

Diluncurkan pada tanggal 22 Februari 2011, Android kembali lagi jaya dengan versi 3.0 yang dinamai Honeycomb. Pada Versi ini cuma dikhususkan untuk perangkat tablet PC, dengan menanamkan fitur yang ditujukan untuk komputasi bisnis pada perangkat tablet. Fitur Android Honeycomb memiliki dukungan seperti prosesor multi core, video call dari Google Talk dan juga fitur multitasking recent apps yang dipercepat.

9. Android Ice Cream Sandwich (Versi 4.0)

19 Oktober 2011 Android lagi-lagi update versi terbarunya yaitu Android 4.0 Ice yang dinamai dengan Cream Sandwich. Pada versi ini bisa berjalan pada smartphone yang sebelumnya dan cuma ditujukan pada tablet PC. Selain itu, fitur di Honeycomb sebelumnya, fitur pada Android versi 4.0 ini ditambahkan seperti kostumisasi widget dan perbaikan antarmuka.

10. Android Jelly Bean (Versi 4.1)

Setelah itu, Android 4.1 Jelly Bean hadir pada tanggal 27 Juni 2012. Untuk Pengembangan versi 4.1 Jelly Bean ini berfokus pada peningkatan performa tampilan antarmuka. Fitur lain yang baru disematkan pada versi Jelly bean yaitu keyboard yang bisa dikostumisasi serta dukungan gestur, UI lebih smooth, dukungan nirkabel, widget yang bisa diatur sesuai selera pengguna.

11. Android KitKat (Versi 4.4)

Android KitKat dipilih oleh Android untuk versi terbarunya, versi 4.4, yang diluncurkan pada 31 Oktober 2013. Dalam versi ini, Android meningkatkan pengoptimalan dengan menyediakan fitur yang lebih baik. Beberapa fitur yang dibawa oleh Android KitKat, seperti WebViews berbasis Chromium, pengoptimalan kinerja untuk perangkat berspesifikasi rendah, dukungan pemrosesan batch sensor, dan pendeteksi langkah.

12. Android Lollipop (Versi  5.0)

Versi Android selanjutnya adalah versi 5.0 Lollipop yang dirilis pada 25 Juni 2014. Dalam versi ini, Android tidak hanya menjadi sistem operasi pada perangkat ponsel pintar, tetapi juga dapat berjalan di perangkat seluler lainnya, seperti Android TV dan Google Fit. Beberapa fitur yang ditambahkan dalam versi ini mengikuti antarmuka pengguna yang dirancang oleh Google, yaitu desain material dan fungsi perlindungan reset pabrik untuk mencegah smartphone dari reset ketika hilang.

13. Android Marshmallow (Versi 6.0)

Android 6.0 Marshmallow diluncurkan pada 5 Mei 2015. Fitur-fitur yang dibawa oleh Android versi Marshmallow antara lain dukungan sensor sidik jari untuk akses ke smartphone, fasilitas untuk menjalankan beberapa aplikasi pada tata letak layar yang didukung oleh beberapa jendela, dukungan platform virtual reality, dan kemampuan untuk mengurangi penggunaan bandwidth dalam mode perlindungan data.

14. Android Nougat (Versi 7.0)

Android 7.0 Nougat diluncurkan pada 19 Oktober 2016, berfokus pada peningkatan kinerja antarmuka pengguna, membuatnya lebih intuitif, dan menggunakan lebih banyak aplikasi dalam fitur multi-jendela secara bersamaan. Selain penyempurnaan fungsional tersebut, Android Nougat juga menambahkan beberapa fitur lain, seperti dukungan night light atau night mode, built-in keyboard yang bisa langsung mengirim animasi GIF, dan dukungan multipoint call.

15. Android Oreo (Versi 8.0)

Pada versi Android 8.0 yang dirilis pada Agustus 2017, Android memilih nama Oreo. Antarmuka pengguna di Android Oreo lebih sederhana dan memungkinkan akses yang lebih mudah ke aplikasi. Pembaruan versi Oreo menghadirkan sejumlah fitur, seperti pengisian otomatis untuk mempermudah pengisian formulir, seperti dukungan gambar-dalam-gambar dan pengoptimalan untuk mempercepat startup.

16. Android Pie (Versi 9.0)

Android 9.0 Pie merupakan versi Android terbaru yang dirilis pada Agustus 2018. Fitur unggulan dari versi 9.0 Pie ini adalah kemampuan kecerdasan buatan atau artificial intelligence. Dengan bantuan fungsi kecerdasan buatan smartphone, Anda akan secara otomatis menganalisis dan mempelajari pola penggunaan smartphone. Selain itu, juga dilengkapi dengan fungsi lain, seperti kecerahan adaptif yang secara otomatis menyesuaikan kecerahan layar dan dukungan untuk ponsel tanpa batas.

17. Android Queen Cake (Versi 10)

Nama Android terbaru berikutnya tidak dinamai seperti pendahulunya terkait manis. Versi Android terbaru diberi nama Android 10 untuk memperingati Android telah dikomersialkan selama 10 tahun. Versi Android 10 lebih fokus pada peningkatan mode malam atau gelap dan peningkatan fungsi penguat suara untuk menyesuaikan kualitas audio.


Pengembang Aplikasi Android

Karena banyak orang yang menggunakan Android, hal tersebut menjadikan kesempatan yang sangatlah besar untuk kita untuk mendapatkan penghasilan didalamnya. Banyak orang sudah sukses dan berhasil dengan membuat aplikasi maupun games untuk sistem operasi Android ini. Yang kita perlu lakukan hanyalah belajar Android ini mempraktekan dan tetap bertekad untuk menyelesaikannya, tidak mustahil kita menjadi salah seorang seperti dibawah ini;


1. Pencipta WhatsApp

Saya akan memperkenalkan Jan Koum.. Ada yang kenal? mungkin banyak yang tidak kenal, tetapi dia adalah pendiri whatsapp.. Ada yang tahu whatsapp? pasti hampir semua tahu apa itu aplikasi di Android yang bernama whatsapp. Jan Koum nyaris menjadi gelandangan di negara asalnya yaitu di ukraina, tetapi dia berhasil membuat whatsapp dan menjualnya kepada facebook dengan harga Rp 224.000.000.000.000 pada saat itu. Coba dihitung kembali nol nya, yak anda benar 224 triliun. Coba bayangkan berapa banyak soto yang bisa anda beli tiap hari dengan uang sebanyak itu. (jika anda menyukai soto ya, kalau saya sih suka).

Ok, sedikit akan saya bahas Jan Koum, pada umur 17 tahun dia hanya bisa makan dari jatah dari pemerintah dan pernah tidur beralaskan langit dan beratapkan bumi (dia tidurnya telungkup soalnya), kemudian dia drop out dari kuliah di san jose university kemudian belajar secara otodidak programming. Karena keahlian programming nya dia dapat bekerja di Yahoo! selama 10 tahun, kemudian tahun 2009 dia bersama temannya membuat aplikasi Whatsapp dan sempat melamar di facebook tetapi ditolak. mungkin salah satu penyesalan facebook, tetapi tidak tanggung tanggung kemudian dia membeli whatsapp sebesar 224 triliun sungguh luar biasa. Whatsapp aplikasi yang sangat sederhana dan mudah digunakan di Android, iOS, maupun di Blackberry. Coba bayangkan seorang gelandangan menjadi triliuner hanya dengan belajar membuat aplikasi di Android. tetapi jangan lihat buntut nya saja, tetapi Jan Koum tetap melewati tahap belajar belajar dan belajar Android.


2. Pencipta Gojek

Nadiem Makarim pemilik go jek, siapa yang tidak kenal GoJek aplikasi ojek online ini sangat populer akhir akhir ini, banyak menimbulkan kontroversi tetapi dibalik semuanya itu saya melihat adanya kejeniusan dari pembuat gojek ini. dia melihat peluang yang ada, kemudian mendapatkan ide untuk dimodifikasi baik itu dari dalam maupun luar negri, kemudian lahirlah GoJek ini. dan Aplikasi ini sangat berguna loh, kenapa saya bilang berguna karena dengan aplikasi Android ini dapat memberi pekerjaan bagi ribuan orang yang menggantungkan pekerjaan ojek ini. asetnya berapa menurut anda go jek ini? coba tebak… akan saya jawab asetnya sudah mencapai 2 triliun dari 5 juta download. Ingat quote yang saya share tadi diatas, siapapun itu akan menjadi penantang status quo. Ayo kita bersama-sama belajar Android. dan kita pasti bisa.


3. Pencipta Game Flappy Bird

Dong Nguyen… Pernah dengar? saya juga tidak.. haha… tapi dia adalah pencipta aplikasi games Android yang pernah booming yaitu flappy bird. siapa yang menyangka dari game flappy bird dia dapat menghasilkan 600 jt rupiah tiap harinya kala itu. dan lebih gila nya lagi menurut saya dia mengaku membuat aplikasi tersebut hanya dalam 3 hari. luar biasa. Flappy bird menjadi game yang sangat fenomenal. apakah anda dan saya dapat membuatnya? kita coba lihat nanti.

Apakah tiga orang diatas sudah cukup memotivasi anda untuk belajar membuat program aplikasi games untuk Android? jika belum akan saya lanjutkan ke seribu orang sukses dalam membuat aplikasi games Android bagaimana? apakah ada seribu orang? ya saya katakan lebih, yang bisa sukses dari belajar membuat aplikasi games Android ini. Baik itu dengan pengasilan triliunan bahkan jutaan rupiah perbulan. Kita tidak bisa melihat saja kita harus belajar Android melakukan dan menjalaninya. Dan kita pasti bisa.

Anda tidak mempunyai dasar sama sekali tentang coding untuk membuat aplikasi Android? sangat disayang kan saya juga… haha… tapi jangan khawatir akan saya ajarkan membuat aplikasi Android tanpa coding… Apakah bisa? seratus persen bisa.. ditambah dengan sedikit kreatifitas anda dalam belajar Android ini, saya yakin anda dan saya akan sukses.


Kelebihan Android Bagi Pengguna

OK, untuk selanjutnya kita akan belajar mengenai apa saja sih kelebihan Android?. Menurut anda sekalian mengapa anda lebih memilih menggunakan Android? sebutkan salah satunya? Jawabanya pasti sepemikiran dengan saya, Android itu mudah dioperasikan, kemudian Android itu gratis mulai dari aplikasi, game, dan juga updatenya. Saya akan jabarkan untuk kelebihan Android secara detail menurut saya pribadi;


Android Itu Mudah Digunakan

Android sangat mudah digunakan, yak betul sekali, simple digunakan. setiap orang akan sangat mudah untuk mengoperasikan Android, bahkan dari anak kecil balita hingga kakek nenek berusia 80 tahun ada yang menggunakan Android. luar biasa rentang umur pengguna Android ini. sangat mudah digunakan sangat user friendly, hanya belajar sebentar untuk mengoperasikannya, orang akan tahu betapa mudahnya menggunakan sistem operasi Android ini.


Android Itu Gratis Fiturnya

Kemudian untuk yang kedua saya setuju dengan anda, gratis, sangat mudah untuk mengaksesnya. tidak perlu mengeluarkan banyak uang untuk membeli OS ini, siapapun dapat mengembangkan dan memodifikasi Android ini, dan tidak lupa pula ada ribuan bahkan ratusan ribu aplikasi dan games yang tersebar didalamnya dan dapat didownload dan digunakan dengan sangat mudah.


Android Itu Lebih Modern

Kemudian yang ketiga menurut saya pribadi adalah sesuai dengan kebutuhan kita, jika kita menggunakan OS Symbian pada saat itu kita mengira sudah sangat lah canggih dan modern. Akan tetapi banyak bug disana sini banyak error dan hp menjadi sangat lemot dan boros penggunaan baterainya. Tetapi sekarang kita disuguhi oleh Android yang sangat mudah menggunakannya sangat cepat mengaksesnya dan sesuai dengan apa yang kita butuhkan.

mungkin akan lebih banyak lagi kelebihan jika kita bertanya kepada pengguna Android diseluruh dunia, karena hal-hal tersebut lah Android menjadi sistem operasi yang sangat populer dan digemari oleh seluruh pengguna gadget diseluruh dunia dan selalu menunjukan peningkatan dalam penggunanya

Posting Komentar untuk "Mengenal Sejarah Android Beserta Versinya"